UMSurabaya Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA

PUSPITASARI , DEWI HARI and Dra. Lina Listiana, M.Kes and Ir. Ruspeni Daesusi, M.Kes. (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (140kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (18kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sejauh ini guru belum pernah melatih kan kemampuan berpikir kreatif siswa.Tujuan penelitian inia dalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa, mendiskripsikan keter laksanaan pembelajaran, dan mendiskripsikan respon siswat erhadap model PBL. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, desain penelitian One Shot case Study.Prosedur penelitian dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas X-4 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya.Metode pengumpulan data menggunakan observasi, testulis dan angket.Data dianalisis secara deskriptif kualitatif .Kesimpulan penelitian ini adalah model PBL dapat meningkatka kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Surabaya, yaitu secara individu ditunjukkan pada siklus I siswa yang memiliki kategori SK sebesar 2 siswa dan pada siklus II menjadi 16 siswa, sedangkan secara klasikal padas iklus I 22% danpadasiklus II sebesar 83%. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 12.90% padasiklus I danpadasiklus II sebesar 93.54%.Keterlaksanaan model PBL skor rata-rata keseluruhanpadasiklus I sebesar 2,45danpadasiklus II sebesar 3,73. Responpositifsiswaterhadap model PBL rata-rata positifdan 100% siswamerasadapatmengasahkemampuanberpikirkreatif. Kata Kunci: Kemampuanberpikirkreatif, model problem based learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2017 04:54
Last Modified: 15 Nov 2017 04:54
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item