UMSurabaya Repository

Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sudut Kelas IV SD Muhammadiyah 26 Surabaya

Fauzi, Anindya Alfi (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sudut Kelas IV SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas IV SD Muhammadiyah 26 Surabaya diantaranya: 1) kemampuan analisis siswa dalam menyelesaikan soal masih rendah, 2) siswa takut dalam memberikan argumennya, 3) ketika guru mengajukan pertanyaan (membahas soal) untuk mendapatkan umpan balik siswa cenderung diam dan kebingungan, 4) apabila guru memberikan kesempatan untuk bertanya soal yang telah dibahas, siswa tidak memafaatkannya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pemasalahan-permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi sudut kelas IV SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan teknik analisis uji-t. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning, sedangkan variabel terikat penelitian adalah kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhamadiyah 26 Surabaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikan perlakuan berbeda antara kelas kontrol dan eskeperimen, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model project based learning sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis menggunakan teknik analisis statistik parametris. Karena didapatkan dari analisis bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan SPSS diketahui nilai signifikansi 0,403 > 0,05. Demikian, H0 di tolak dan H1 di terima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah 26 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Fitroh Setyo Putro Pribowo, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Nanda Faradita, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis; Kuantitatif; Project Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:00
Last Modified: 17 Jan 2024 03:00
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8625

Actions (login required)

View Item View Item