UMSurabaya Repository

Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Teori Van Hiele Kepada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah 25 Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020 Materi Bangun Ruang

Luthfiati, Marissa (2020) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Teori Van Hiele Kepada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah 25 Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020 Materi Bangun Ruang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (650kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu peranan yang sangat penting dalam sebuah kemajuan serta perkembangan suatu wilayah atau negara. Salah satunya yaitu pembelajaran matematika, hal ini dikarenakan pembelajaran matematika termasuk kedalam mata pelajaran yang wajib untuk dipelajari oleh semua jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model cooperative learning tipe the power of two terhadap kemampuan pemahaman matematis teori Van Hiele pada siswa serta untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis teori Van Hiele pada siswa pelajaran matematika materi bangun ruang dengan menggunakan model cooperative learning tipe the power of two. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis antara lain penelitian kuantitaif dengan metode penelitian quasi exsperimental design, dalam penelitian ini terdapat dua kelompok sample, pertama kelompok eksperimen diberikan perlakuan khusus yaitu menerapkan model cooperative learning tipe the power of two, yang kedua kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan khusus. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil, yaitu: (1) Terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe the power of two terhadap kemampuan pemahaman matematis teori Van Hiele yang terliat dari hasil Uji t yang telah dihitung menggunakan SPSS for Windows versi 24 dengan hasil 0,000 < 0,05 dan 0,001 < 0,05; (2) Tingkat kemampuan pemahaman matematis teori Van Hiele pada siswa yang telah diberi perlakuan model pembelajaran cooperative learning tipe the power of two yaitu kelas eksperimen V-D berada pada Tahap 1 (Analisis) dikarenakan lebih dari 50% siswa mampu mengerjakan dengan soal tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Kunti Dian Ayu Afiani, S.Si., S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Deni Adi Putra, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Tipe The Power Of Two; Kemampuan Pemahaman Matematis Teori Van Hiele; Bangun Ruang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 17 Jan 2024 09:18
Last Modified: 17 Jan 2024 09:18
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8632

Actions (login required)

View Item View Item