NINGSIH, EKA GADIS MARETNO (2016) Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Raden Paku. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (334kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (171kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (241kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (360kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (155kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika di MTs Raden Paku masih menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan lemahnya pemahaman siswa. Konsep, prinsip, definisi dan rumus-rumus dalam matematika diajarkan melalui pemberitahuan oleh guru kepada siswa, sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Hal ini terlihat pada kesulitan menyelesaikan soal-soal latihan yang dialami oleh siswa MTS Raden Paku kelas VII. Untuk itu, salah satu tujuan penelitian ini ingin meneliti: Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Raden Paku dengan mengambil dua kelompok sampel dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan desain kelompok control nonekuivalen (Nonequivalent Control Grup Desaign). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data diperoleh thitung = 8,921 dan ttabel = 2,060 Jadi thitung > ttabel, ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching terdapat perbedaan signifikan dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian juga didapat kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran memperoleh skor 102 dengan prosentase 79,69 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk aktifitas siswa diperoleh hasil observasi aktifitas siswa sebesar 56% siswa memperoleh kriteria aktif dangan huruf B+, siswa sebesar 44% juga memperoleh kriteria baik dengan huruf B. hasil ini menunjukan guru sudah mengajar dengan baik dan siswa juga dapat aktif dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing 1:Dra. Chusnal Ainy, M. Pd pembimbing 2: Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | embelajaran matematika, pendekatan reciprocal teaching, model pembelajaran think pair share (TPS), hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Library Science 2 |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 03:46 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 03:47 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8726 |
Actions (login required)
View Item |