Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Raden Paku

NINGSIH, EKA GADIS MARETNO (2016) Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Raden Paku. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
pendahuluan.pdf

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
bab I.pdf

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
bab II.pdf

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
bab III.pdf

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di MTs Raden Paku masih menggunakan metode
ceramah yang mengakibatkan lemahnya pemahaman siswa. Konsep, prinsip,
definisi dan rumus-rumus dalam matematika diajarkan melalui pemberitahuan
oleh guru kepada siswa, sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam
pembelajaran. Hal ini terlihat pada kesulitan menyelesaikan soal-soal latihan yang
dialami oleh siswa MTS Raden Paku kelas VII. Untuk itu, salah satu tujuan
penelitian ini ingin meneliti: Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan
Menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas VII MTs Raden Paku dengan mengambil dua kelompok sampel dengan
teknik Simple Random Sampling, yaitu Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan
kelas VII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi
eksperimen, dengan desain kelompok control nonekuivalen (Nonequivalent
Control Grup Desaign). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data
diperoleh thitung = 8,921 dan ttabel = 2,060 Jadi thitung > ttabel, ini berarti bahwa H0
ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar dengan menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching terdapat perbedaan
signifikan dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa.
Dari hasil penelitian juga didapat kemampuan guru dalam mengelolah
pembelajaran memperoleh skor 102 dengan prosentase 79,69 dengan kriteria baik.
Sedangkan untuk aktifitas siswa diperoleh hasil observasi aktifitas siswa sebesar
56% siswa memperoleh kriteria aktif dangan huruf B+, siswa sebesar 44% juga
memperoleh kriteria baik dengan huruf B. hasil ini menunjukan guru sudah
mengajar dengan baik dan siswa juga dapat aktif dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: pembimbing 1:Dra. Chusnal Ainy, M. Pd pembimbing 2: Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: embelajaran matematika, pendekatan reciprocal teaching, model pembelajaran think pair share (TPS), hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:46
Last Modified: 25 Jan 2024 03:47
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item
View Item