UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP BILINGUAL TERPADU PADA MATERI SEGITIGA DAN PERSEGI

Liandari, Dwi Mei (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP BILINGUAL TERPADU PADA MATERI SEGITIGA DAN PERSEGI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (417kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (192kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (346kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (333kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Bilingual Terpadu materi segitiga dan persegi. Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya pemilihan model pembelajaran untuk hasil belajar yang baik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Non- Equivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan pada tanggal 8-20 Mei 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Bilingual Terpadu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh besar penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Bilingual Terpadu. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata hasil posttest1 kelas eksperimen yaitu 85.91 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil posttest1 kelas kontrol yaitu 73.33. Kemudian pada hasil posttest2 rata-rata kelas eksperimen yaitu 85.91 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil posttest2 kelas kontrol yaitu 70.61. Dan pada hasil posttest3 rata-rata kelas eksperimen 85.91 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil posttest3 kelas kontrol yaitu 67.52. Selain itu aktivitas siswa menunjukkan kategori tinggi pada tiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I : Wahyuni Suryaningtyas, S. Si, M. Si., Dosen Pembimbing II : Endang Suprapti, M. Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; model problem based learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:35
Last Modified: 25 Jan 2024 08:35
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8767

Actions (login required)

View Item View Item