Rahayu, Ribut and Dr. M. Ridlwan, M.Pd and Nur Indah Febriyanti, S.Psi M.Psi (2015) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH 05 SURABAYA TAHUN AJARAN 2014-2015. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (149kB) | Preview |
|
PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yakni 40% atau 8 anak dari 20 anak yang hadir pada kelompok A Di TK Aisyiyah 05 Surabaya tahun ajaran 2014-2015 masih mempunyai sifat emosional negatif yang sangat dominan, seperti halnya 1) menangis tanpa sebab, 2) melemparkan krayon, 3) mencoret baju teman dengan krayon, 4) memukul-mukul bangku dengan keras, dan 5) anak cenderung egois tidak peduli dengan orang lain disekitarnya, serta hilangnya toleransi antar anak didik, bahkan anak tidak menjadi mandiri dan tidak punya inisiatif untuk merespon apa yang mereka pegang atau informasi yang mereka terima menjadi salah cerna. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat capaian perkembangan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok A TK Aisyiyah 05 Surabaya tahun pelajaran 2014-2015 melalui penerapan metode bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak usia dini di TK Aisyiyah 05 Surabaya tahun pengajaran 2014-2015 melalui pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran. Dalam penelitian ini, subyek yang digunakan adalah didik kelompok A di TK Aisyiyah 05 Surabaya yang jumlahnya 20 anak yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan Penerapan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak. Hal ini ditunjukkan dari analisis yang didapatkan bahwa rata-rata kemampuan sosial emosional pada anak kelompok A TK Aisyiyah 05 pada siklus I pertemuan 2 mencapai 73 %. Dan meningkat menjadi 83 % pada siklus ke II pertemuan 2. Kata Kunci : Metode bermain peran, kemampuan sosial emosional
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 16 Nov 2017 03:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 06:02 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/905 |
Actions (login required)
View Item |