UMSurabaya Repository

Penerapan Model Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) Berbasis Tpack untuk Melatih Kepercayaan Diri dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA

Hesti, Tatik Yulia (2023) Penerapan Model Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) Berbasis Tpack untuk Melatih Kepercayaan Diri dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (613kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (315kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (392kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran IBSC berbasis TPACK dalam melatih kepercayaan diri pada siswa SMA ; (2) mendeskripsikan model pembelajaran IBSC berbasis TPACK dalam melatih keterampilan pemecahan masalah pada siswa SMA ; (3) mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran IBSC berbasis TPACK (4) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran IBSC berbasis TPACK. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 SMAM 7 Surabaya. Data diperoleh melalui tes, observasi, dan angket, dengan instrument tes keterampilan pemecahan masalah, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran IBSC Berbasis TPACK, lembar angket kepercayaan diri, dan angket respon siswa terhadap model pembelajaran IBSC Berbasis TPACK. Data dianalisis secara dekriptif dan statistik dengan α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : (1) kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran IBSC berbasis TPACK rata-rata 90 berada pada kategori sangat percaya diri; (2) keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran IBSC berbasis TPACK mengalami peningkatan dengan kategori cukup baik; (3) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran IBSC berbasis TPACK dikategorikan sangat baik; (4) respon siswa terhadap model pembelajaran IBSC berbasis TPACK adalah positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC), kepercayaan diri, keterampilan pemecahan masalah, TPACK.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Moch. Adi Candra
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:12
Last Modified: 02 Aug 2024 03:12
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9460

Actions (login required)

View Item View Item