UMSurabaya Repository

Perancangan Kedai Kopi Berbasis QCDSM Dengan Metode QFD Guna Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Umkm Kedai Kopi di Kota Surabaya)

Maftuh, Moch. Fadhli Zhafir (2023) Perancangan Kedai Kopi Berbasis QCDSM Dengan Metode QFD Guna Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Umkm Kedai Kopi di Kota Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (559kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Bisnis Kedai Kopi saat ini menjanjikan profit yang menggiurkan. Meskipun investor telah merambah sektor ini, namun masih terdapat peluang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam upaya ini, penelitian menjadi langkah penting guna mengidentifikasi kepentingan yang perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian adalah merancang Kedai Kopi berdasarkan kebutuhan konsumen dan identifikasi prioritas kebutuhan konsumen dengan menggunakan metode Quality Function Deployment. Metode QFD merupakan metode yang tepat sebagai alat identifikasi kepuasan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini menggabungkan customer voice/customer requirement berdasarkan QCDSM untuk memunculkan respon teknis pada suatu perusahaan, serta disusun menjadi House of Quality. Hasil perhitungan menunjukkan nilai Customer Satisfaction Performance atribut kesesuaian harga sebesar 3,22, ketahanan produk dan kebersihan fasilitas senilai 3,21, dan kualitas produk sebesar 3,19. Nilai ini berada di bawah goal/target yang ditetapkan pada atribut kualitas produk sebesar 3,36, ketahanan produk dan kebersihan fasilitas sebesar 3,37, dan kesesuaian harga senilai 3,31. Nilai improvement untuk mencapai target pada atribut kualitas produk, ketahanan produk, kebersihan fasilitas senilai 1,05 selanjutnya keamanan fasilitas dan tingkat kebisingan senilai 1,04, serta kesesuaian harga sebesar 1,03. Pada Normalized Raw Weight atribut kualitas produk, kesesuaian harga, keamanan fasilitas, dan kebersihan fasilitas memiliki nilai 0,18 dan ketahanan produk serta tingkat kebisingan senilai 0,14. Respon teknis yang dimunculkan dari prioritas atribut akan menjadi usulan perbaikan perancangan Kedai Kopi. Adapun nilai tertinggi respon teknis sebesar 4,51 adalah perawatan intensif terhadap peralatan. Fase terakhir penelitian ini adalah membuat rancang bangun Kedai Kopi berdasarkan kebutuhan konsumen dan identifikasi kebutuhan konsumen dengan usulan respon teknis yang diharapkan akan menambah keunggulan bersaing UMKM Kedai Kopi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Andre Ridho Saputro, S.T., M.MT.
Uncontrolled Keywords: UMKM, QFD, QCDSM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08. Fakultas Teknik > Teknik Industri
08. Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 14 Oct 2024 06:20
Last Modified: 14 Oct 2024 06:20
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9583

Actions (login required)

View Item View Item