Komariyah , Komariyah and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE MENDONGENG PADA MURID TK. TUNAS HARAPAN KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (88kB) | Preview |
|
PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang luar biasa di era modernisasi dan globalisasi termasuk di dalamnya di bidang pendidikan, di mana kegiatan belajar mengajar yang bermula teacher centered menjadi student centered, perkembangan teori-teori pendidikan yang semakin maju dan mutakhir tersebut memerlukan penyesuaian dalam beberapa hal, konten kurikulum, kegiatan belajar mengajar di kelas dan keunikan anak-anak yang beragam dalam beberapa potensi yang dimilikinya, berdasarkan motto pembelajaran di Taman Kanak-Kanak belajar sambil bermain. Anak-anak membutuhkan perangkat yang diperlukan untuk mengarungi kehidupan yang semakin kompleks. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah dengan metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara murid TK. Tunas Harapan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2014/2015. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di TK. Tunas Harapan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2014/2015. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah trigulasi data. Dengan adanya penelitian ini diharapkan kemampuan berbicara pada anak pada observasi awal yang hanya 4 anak atau 20% yang mampu berbicara dengan baik, maka hasil siklus I meningkat menjadi 9 anak atau 45% yang berbicara dengan baik. Karena siklus I tidak memenuhi kriteria kesuksesan, maka observasi dilanjutkan siklus II, sehingga penggunaan metode mendongeng dengan alat peraga, kesuksesan maka observasi siklus II hasilnya 16 anak atau 80% yang mampu berbicara dengan baik. Hal ini terbukti dengan kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Kata Kunci : metode mendongeng, kemampuan berbicara.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 04:37 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 04:37 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/985 |
Actions (login required)
View Item |