MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG BANYAK BENDA 1 - 10 MELALUI PERMAINAN STICK ANGKA DI TK. KEMALA BHAYANGKARI 87 MOJOSARI MOJOKERTO

Astuti, Endah Susilo and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG BANYAK BENDA 1 - 10 MELALUI PERMAINAN STICK ANGKA DI TK. KEMALA BHAYANGKARI 87 MOJOSARI MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of PENDAHULUAN]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[thumbnail of BAB 5 ] PDF (BAB 5 )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Pandangan mutakhir tentang belajar menekankan pentingnya belajar sebagai suatu proses personal, yang dalam proses itu masing-masing anak membangun pengetahuan dan pengalaman yang mereka bawa ke pengalaman belajar. “Meaningful learning is learning that results when the learner makes connections between a new experience and prior knowledge and cxpcricncecs that were stored in long-term memory ”
Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakan aktifitas guru dan anak dalam meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto?2) Bagaimanakan respon anak dalam meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto?3) Apakah permainan stick angka dapat meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa.
Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 77.78% siklus I 88.89 % dan Siklus II 100%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I 66.67 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak dalam peningkatan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka mengalami peningkatan dari pra siklus 20.83 % siklus I 70.83 % dan Siklus II 87.50 %.

Kata Kunci: berhitung awal, stick angka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 17 Nov 2017 07:35
Last Modified: 17 Nov 2017 07:35
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item
View Item