Astuti, Endah Susilo and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG BANYAK BENDA 1 - 10 MELALUI PERMAINAN STICK ANGKA DI TK. KEMALA BHAYANGKARI 87 MOJOSARI MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (173kB)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (157kB)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (203kB)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (298kB)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (607kB)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (164kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (942kB)
Abstract
Pandangan mutakhir tentang belajar menekankan pentingnya belajar sebagai suatu proses personal, yang dalam proses itu masing-masing anak membangun pengetahuan dan pengalaman yang mereka bawa ke pengalaman belajar. “Meaningful learning is learning that results when the learner makes connections between a new experience and prior knowledge and cxpcricncecs that were stored in long-term memory ”
Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakan aktifitas guru dan anak dalam meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto?2) Bagaimanakan respon anak dalam meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto?3) Apakah permainan stick angka dapat meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa.
Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 77.78% siklus I 88.89 % dan Siklus II 100%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I 66.67 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak dalam peningkatan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka mengalami peningkatan dari pra siklus 20.83 % siklus I 70.83 % dan Siklus II 87.50 %.
Kata Kunci: berhitung awal, stick angka
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
| Depositing User: | b b putri |
| Date Deposited: | 17 Nov 2017 07:35 |
| Last Modified: | 17 Nov 2017 07:35 |
| URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1018 |
