Astuti, Endah Susilo and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG BANYAK BENDA 1 - 10 MELALUI PERMAINAN STICK ANGKA DI TK. KEMALA BHAYANGKARI 87 MOJOSARI MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
![PENDAHULUAN [thumbnail of PENDAHULUAN]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
PENDAHULUAN.pdf
Download (173kB)
![BAB 1 [thumbnail of BAB 1]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (157kB)
![BAB 2 [thumbnail of BAB 2]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (203kB)
![BAB 3 [thumbnail of BAB 3]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (298kB)
![BAB 4 [thumbnail of BAB 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (607kB)
![BAB 5 [thumbnail of BAB 5 ]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (164kB)
![LAMPIRAN [thumbnail of LAMPIRAN]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (942kB)
Abstract
Pandangan mutakhir tentang belajar menekankan pentingnya belajar sebagai suatu proses personal, yang dalam proses itu masing-masing anak membangun pengetahuan dan pengalaman yang mereka bawa ke pengalaman belajar. “Meaningful learning is learning that results when the learner makes connections between a new experience and prior knowledge and cxpcricncecs that were stored in long-term memory ”
Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakan aktifitas guru dan anak dalam meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto?2) Bagaimanakan respon anak dalam meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto?3) Apakah permainan stick angka dapat meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa.
Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 77.78% siklus I 88.89 % dan Siklus II 100%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I 66.67 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak dalam peningkatan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka mengalami peningkatan dari pra siklus 20.83 % siklus I 70.83 % dan Siklus II 87.50 %.
Kata Kunci: berhitung awal, stick angka
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 07:35 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 07:35 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1018 |