Shafwan, Muhammad Hambal and Husni, Abdul Waris Implementasi Kurikulum Kekhasan dalam Meningkatkan Karakter Kebangsaan. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren, 1 (2). pp. 60-69. ISSN ISSN 2962-1682 (online) 2962-5785 (print)
Implementasi Kurikulum Kekhasan dalam Meningkatkan Karakter Kebangsaan.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
Turnitin Implementasi Kurikulum Kekhasan dalam Meningkatkan Karakter Kebangsaan (1).pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan
kurikulum kekhasan. Aspek yang diamati terkait dengan
faktor-faktor penghambat dan upaya penanganannya.
Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis
deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Data di analisis secara
interaktif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas taruna MA.
Mambaul Ulum Bata-Bata. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kurikulum kekhasan digunakan sebagai pedoman
dan penjamin mutu yang sistematis dan terencana.
Kurikulum ini digunakan untuk mengembangkan potensi
peserta didik baik di bidang akademik, karakter dan
kepribadian. Hambatan yang dialami adalah jumlah
pembimbing tidak seimbang dengan jumlah siswa dan
sarana latihan kurang memadai. Upaya yang dilakukan
adalah berkoordinasi dengan Ketua Ma’hadiyah. Selain itu,
sekolah menunda kegiatan ke jam yang lain atau ke hari
yang lain. Kegiatan dalam penerapan ini sangat tergantung
pada kreativitas guru.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Kekhasan, Madrasah, Pembelajaran, Praktik Baik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD HAMBAL HAMBAL |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 01:48 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 01:48 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/10235 |