amalia, Amalia and Wahono, Wahono and Tri, Kurniawati and Ratno Abidin, Ratno (2025) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3- 4 DI PPT SAKINAH CERIA. Jurnal Kreativitas Pendidikan Modern, 7 (3). pp. 362-392.
Artikel Efektivitas Strategi Pembelajaran Kreatif.pdf
Download (337kB) | Preview
Hasil Cek Plagiasi Artikel Efektivitas Strategi Pembelajaran Kreatif.pdf
Download (4MB) | Preview
Abstract
ABSTRAK: Perkembangan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun sangat penting untuk
kemandirian mereka dalam aktivitas sehari-hari dan kesiapan akademik, terutama
persiapan keterampilan menulis. Namun, banyak lembaga pendidikan anak usia dini
masih mengandalkan metode konvensional yang mungkin tidak cukup merangsang
kreativitas dan perkembangan motorik halus anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
efektivitas metode pembelajaran kreatif aktif terhadap perkembangan motorik halus pada
anak usia 3-4 tahun di PPT Sakinah Ceria. Penelitian ini menggunakan pendekatan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan model Kemmis dan McTaggart, dilakukan
dalam dua siklus dengan 15 anak sebagai subjek. Teknik pengumpulan data meliputi
observasi, dokumentasi, dan wawancara, dengan penilaian menggunakan skala 1-4 yang
mencakup empat aspek: kemampuan menggenggam dan memanipulasi objek kecil,
koordinasi mata-tangan, kekuatan dan kelenturan jari, serta kontrol gerakan tangan. Hasil
penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan motorik halus anakanak,
dengan persentase anak yang mencapai kategori “Berkembang Sesuai Harapan”
dan “Berkembang Sangat Baik” meningkat dari 20% pada baseline menjadi 46,67% pada
Siklus I, dan mencapai 80% pada Siklus II. Metode pembelajaran kreatif dan aktif melalui
aktivitas melukis dengan jari, membuat model dari tanah liat, merangkai manik-manik,
dan kolase terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus melalui
pembelajaran berbasis bermain yang berpusat pada anak dengan pengalaman praktis.
Penelitian ini memberikan bukti empiris bagi pendidik anak usia dini untuk menerapkan
pendekatan pembelajaran yang lebih beragam dan bermakna yang mendukung
perkembangan motorik halus optimal pada anak-anak usia dini.
Kata Kunci : Perkembangan Motorik Halus, Pembelajaran Aktif Kreatif, Pendidikan
Anak Usia Dini, Keterampilan Motorik, Metode Pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | WAHONO WAHONO WAHONO |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 04:40 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 04:40 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/10374 |