Dampak Tayangan Tiktok terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya

Siti, Nurjannatin and Ratno Abidin, Ratno and Naili, Saida and Wahono, Wahono (2025) Dampak Tayangan Tiktok terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya. Jurnal At-Tasyrih Jurnal Pendidikan dan Hukum Islam, 11 (1). pp. 133-149. ISSN E-ISSN : 2502-2997, P-ISSN : 2461-0410

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
Artikel Dampak Tayangan Tik Tok.pdf

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Cek Plagiasi Artikel Dampak Tayangan Tik Tok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT
Perkembangan teknologi yang pesat membuat anak anak semakin akrab dengan media digital, termasuk
TikTok. Namun, eksposur berlebihan terhadap tayangan ini dapat mempengaruhi perilaku sosial anak.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik wawancara, observasi, dokumentasi, Teknik
analisis data, dan uji keabsahan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh tayangan
TikTok terhadap perkembangan perilaku anak usia dini, khususnya di kalangan anak-anak berusia 4-5
tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya. Dengan meningkatnya popularitas TikTok sebagai
platform media sosial, anak-anak kini lebih mudah terpengaruh berbagai konten yang dapat memengaruhi
perilaku dan perkembangan sosial mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua
mengakui adanya perubahan perilaku anak yang berkaitan dengan tontonan di TikTok, seperti meniru
gerakan dan lagu dewasa yang mereka lihat. Beberapa orang tua melaporkan bahwa anak-anak mereka
menjadi lebih emosional dan marah ketika diminta untuk menyerahkan ponsel, sementara yang lain tidak
melihat adanya perubahan emosi yang signifikan. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi dampak
positif dari penggunaan TikTok, dimana konten yang mendidik dapat meningkatkan keterampilan sosial
anak, tetapi juga berpotensi memperkenalkan konten yang tidak sesuai yang dapat merusak perkembangan
psikologis mereka
Keywords: Anak Usia Dini, TikTok, Perilaku Sosial

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: WAHONO WAHONO WAHONO
Date Deposited: 27 Aug 2025 04:43
Last Modified: 27 Aug 2025 04:43
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/10375

Actions (login required)

View Item
View Item