ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL)

Yuliandari, Elmi Tri and Mirnawati, Lilik Binti (2025) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (11). pp. 193-202. ISSN P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN: 2599-042X

[thumbnail of Pendidikan Dasar]
Preview
Text (Pendidikan Dasar)
8.+27831_Elmi_193-202.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of cek similarity]
Preview
Text (cek similarity)
turnitin artikel elmi (analisis keterampilan berpikir kritis siswa).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menekankan 4 keterampilan salah satunya adalah
keterampilan berpikir kritis atau critical thinking. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan bagaimana proses penerapan model Project
Based Learning (PJBL) dalam pembelajaran di kelas satu sekolah dasar
serta mendeskripsikan bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa
muncul dan berkembang melalui aktivitas PJBL. Pendekatan yang
digunakan pada Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode deskriptif. Adapun subjek penelitian terdiri dari guru, siswa kelas
satu SD Muhammadiyah 18 Surabaya, dengan data yang diperoleh
melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan model interaktif Miles & Huberman yang meliputi
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
didapatkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa nampak dalam 3
indikator yang menjadi fokus penelitian yakni kemampuan mengajukan
pertanyaan, memberikan alasan dan membuat keputusan. Namun pada
sesi diskusi nampak siswa juga mampu menanggapi pendapat, serta
melakukan evaluasi terhadap hasil karya sesama kelompok . Penerapan
PjBL dapat mendorong siswa untuk berani berpendapat dan
berkolaborasi. Dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada
pelaksanaan PjBL diperlukan bimbingan dan peran aktif dari guru, media
yang sesuai serta perlu waktu yang lebih banyak dan SDM yang memadai
minimal dibimbing dua guru. Secara keseluruhan, penelitian ini
menunjukkan bahwa PJBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir
kritis siswa kelas satu SD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, siswa, project based learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Elmi Tri Yuliandari
Date Deposited: 29 Aug 2025 06:00
Last Modified: 29 Aug 2025 06:00
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/10395

Actions (login required)

View Item
View Item