Linda Puspita , Christina and Drs. Wudjud Soepeno Dihardjo, M. Pd and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2014) PenerapanPembelajaranMatematikaRealistikPadaPokokBahasanBangunRuangSisiDatarBalok Dan KubusUntukMeningkatkanHasilBelajarPadaSiswa. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
pendahuluan.pdf
Download (278kB)
BAB_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (151kB)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (398kB)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (222kB)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (152kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (843kB)
Abstract
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMP AL - ISLAM KRIAN untuk pelajaran matematika kelas VIII adalah ≥77,53. Tetapi pada kelas VIII A nilai rata – rata siswa ≤ KKM. Hal ini terlihat 26 siswa dari 39 siswa atau 66,7% siswa mencapai KKM.
Berdasarkan uraian di atas peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus pelaksanaan.
Dari hasil penelitian pada siklus I dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII A mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari siswa tuntas sebelum tindakan sebesar 66,7% atau 26 siswa meningkat menjadi 79% atau sebanyak 31 siswa yang tuntas dengan rata – rata 79,7. Sedangkan pada siklus II 90% siswa tuntas degan rata-rata 81,9.
Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Matematika Realistik (PMR).
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Users 320 not found. |
| Date Deposited: | 28 Nov 2017 08:47 |
| Last Modified: | 28 Nov 2017 08:47 |
| URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1619 |
