Jurjani , Nur Alam (2018) Model Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Dan Al-Hadits Dalam Meningkatkan Peradaban Islam. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
![Pendahuluan [thumbnail of Pendahuluan]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
PENDAHULUAN.pdf
Download (483kB)
![Bab 1 [thumbnail of Bab 1]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (641kB)
![Bab 2 [thumbnail of Bab 2]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![Bab 3 [thumbnail of Bab 3]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (728kB)
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (684kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian tesis ini dapat penulis deskripsikan sebagai berikut: pertama, Bagaimana model pendidikan yang bisa mewujudkan munculnya peradaban Islam yang tinggi?; kedua, Bagaimana Peradaban yang dihasilkan oleh pendidikan yang berbasis wahyu Al-Qur’an dan Al-Hadits)?; ketiga, Apa yang terjadi ketika suatu peradaban mengesampingkan pendidikan yang berbasis wahyu (Al-Qur’an dan Al-Hadits)?. Penelitian ini dimaksudkan sebagai upaya eksplorasi dan transformasi ilmu pengetahuan ke dalam sistem pendidikan Islam secara integral dan operasional.
Jenis penelitian dalam tesis ini bersifat pendekatan literatur; metode pengumpulan datanya: metode dokumentasi dan metode observasi, sedangkan metode intervew sebagai metode penunjang untuk mengumpulkan data-data yang berhubungan denga pelitian dalam tesis ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa non statistik.
Berdasarkan data yang digunakan dalam tesis ini dapat disimpulkan: pertama, pendidikan yang bisa mewujudkan munculnya peradaban islam yang tinggi adalah pendidikan yang berbasis wahyu; kedua, peradaban yang dihasilkan oleh pendidikan yang berbasis wahyu (Al-Qur’an dan Al-Hadits) adalah peradaban yang membawa kemaslahatan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. ketiga, ketika peradaban mengesampingkan pendidikan yang berbasis wahyu (Al-Qur’an dan Al-Hadits) maka yang terjadi adalah kemunduran dan kehancuran.
Harapan penulis agar semua pendidik menggunakan basis wahyu (Al-Qur’an dan Al-Hadits) untuk mendidik anak didiknya. Penulis juga berharap agar semua instansi pendidikan menggunakan (Al-Qur’an dan Al-Hadits) sebagai basis pendidikan, juga berharap kepada instansi pemerintah untuk ikut andil mengembalikan pendidikan yang berbasis wahyu (Al-Qur’an dan Al-Hadits).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Peradaban islam dan Wahyu |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 840 not found. |
Date Deposited: | 21 Aug 2018 08:57 |
Last Modified: | 21 Aug 2018 08:57 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2401 |