kurniawati, tri (2018) Revitalisasi Cerita Rakyat Berbasis Wayang Kardus Untuk Pemahaman Nilai Moral Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk ‘Aisyiyah 3 Surabaya. PEDAGOGI, 4 (2). pp. 62-71. ISSN 2599-042X
![JURNAL_2_2018.pdf [thumbnail of JURNAL_2_2018.pdf]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
JURNAL_2_2018.pdf
Download (987kB)
![REVITALISASI_CERITA_RAKYAT_BERBASIS_WAYANG_KARDUS_UNTUK_PEMAHAMAN_NILAI_MORAL_ANAK_USIA_4-5_TAHUN_DI_TK_‘AISYIYAH_3_SURABAYA.pdf [thumbnail of REVITALISASI_CERITA_RAKYAT_BERBASIS_WAYANG_KARDUS_UNTUK_PEMAHAMAN_NILAI_MORAL_ANAK_USIA_4-5_TAHUN_DI_TK_‘AISYIYAH_3_SURABAYA.pdf]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
REVITALISASI_CERITA_RAKYAT_BERBASIS_WAYANG_KARDUS_UNTUK_PEMAHAMAN_NILAI_MORAL_ANAK_USIA_4-5_TAHUN_DI_TK_‘AISYIYAH_3_SURABAYA.pdf
Download (3MB)
![REvitalisasi.pdf [thumbnail of REvitalisasi.pdf]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
REvitalisasi.pdf - Published Version
Download (608kB)
Abstract
Penerapan metode bercerita melalui media wayang kardus berbasis cerita rakyat untuk
mencegah terjadinya degradasi moral pada anak usia dini, sekaligus mengenalkan nilai moral
dalam cerita rakyat, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analis data dilakukan dengan
cara deskriptif kualitatif. Media ini merupakan teknologi pembelajaran yang diangkat dari
kesenian tradisional dan telah diinovasi ke dalam dunia anak dengan bahan, bentuk karakter,
warna menarik dan berbeda dari tokoh wayang sesungguhnya. Sederhananya penelitian ini akan
menjawab pertanyaan berikut, bagaimana wayang kardus berbasis cerita rakyat nusantara menjadi
sebuah media terhadap metode pengembangan bahan ajar nilai moral bagi anak usia dini.Konsep
pembentukan kepribadian melalui nilai afektif dalam pengembangan moral, menggunakan
indikator untuk menganalisis sejauh mana kemampuan anak usia dini dalam memahami nilai
afektif yang terdapat dalam cerita rakyat nusantara. Wayang kardus berbasis cerita rakyat dapat
mengenalkan sekaligus menanamkan nilai agama moral dalam pembelajaran di usia dini, untuk
mencegah degradasi moral sejak usia dini
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | TRI KURNIAWATI KURNIAWATI |
Date Deposited: | 01 Feb 2019 04:35 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 08:15 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2991 |