Firdaus, Annisa Ulil Jannahtu and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Soffan Shoffa, S.Pd., M.Pd. (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS 3 MI DALAM MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AREA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
![Pendahuluan [thumbnail of Pendahuluan]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
PENDAHULUAN.pdf
Download (758kB)
![Bab I [thumbnail of Bab I]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (181kB)
![Bab II [thumbnail of Bab II]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
![Bab III [thumbnail of Bab III]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (265kB)
![Bab IV [thumbnail of Bab IV]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (494kB)
![Bab V [thumbnail of Bab V]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (194kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Persoalan matematika yang sering dihadapi peserta didik kelas 3 MI Darul Ulum Driyorejo-Gresik adalah kurangnya keterampilan dalam mengoperasikan aritmatika. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan model area dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas 3 MI Darul Ulum Mojosarirejo-Driyorejo-Gresik pada materi perkalian dan untuk mendiskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model area dalam materi perkalian sehingga dihasilkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dan tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan yang melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini siswa MI Darul Ulum Mojosarirejo-Driyorejo-Gresik kelas 3. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terjadi peningkatan dari tes awal dengan prosentase siklus I 23,6% dan prosentase siklus I dengan siklus II sebesar 23,5%. Analisis respon siswa pada tabel 4.12 mengenai kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan model area, siswa menyatakan respon positif terhadap proses pembelajaran selama menggunakan model area.
Kata kunci: Model Area, Perkalian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 04:38 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 05:31 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/31 |