KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP RAHMAT SURABAYA DALAM MEMAHAMI KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

Ratnasari, Atika and Dr. Iis Holisin, M.Pd. and Soffan Shoffa, S.Pd., M.Pd. (2016) KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP RAHMAT SURABAYA DALAM MEMAHAMI KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (812kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan matematika yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika. Di SMP Rahmat Surabaya, Pembelajaran Matematika masih bersifat teacher centre sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam penemuan konsep matematika itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP Rahmat Surabaya dalam memahami konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan tes tulis dan wawancara sehingga hasil penelitian dapat mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan tingkat kemampuan matematika siswa yang berbeda.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh simpulan bahwa secara umum kemampuan pemahaman konsep siswa dengan kemampuan matematika tinggi menunjukkan siswa dapat memenuhi 7 indikator, kemampuan pemahaman konsep siswa dengan kemampuan matematika sedang menunjukkan siswa dapat memenuhi 3 indikator dan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan kemampuan matematika rendah menunjukkan siswa hanya dapat memenuhi 2 indikator.

Kata Kunci : deskriptif, kemampuan, pemahaman konsep, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:43
Last Modified: 28 Sep 2017 05:24
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item
View Item