Amala, Dina Nur and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN METODE THE STUDY GROUP PADA SISWA KELAS VIII-A DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
![Pendahuluan [thumbnail of Pendahuluan]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
PENDAHULUAN.pdf
Download (821kB)
![Bab I [thumbnail of Bab I]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_I_.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (88kB)
![Bab II [thumbnail of Bab II]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
![Bab III [thumbnail of Bab III]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (378kB)
![Bab IV [thumbnail of Bab IV]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (569kB)
![Bab V [thumbnail of Bab V]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (77kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan generative learning dengan metode the study group pada siswa kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 10 Surabaya yang berjumlah 23 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tulis, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keefektifan aktivitas siswa tercapai karena tujuh dari delapan aktivitas siswa dalam rentang waktu ideal; (2) Keefektifan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tercapai dengan baik; (3) Ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan 70% dari seluruh siswa telah mencapai KKM atau ketuntasan secara individu; dan (4) Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif. Sehingga, pendekatan generative learning dengan metode the study group efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya
Kata Kunci: Efektivitas, Pendekatan generative learning, Metode the study group
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 05:11 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 02:57 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/36 |