MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA SUB POKOK BANGUN DATAR KELAS VII SMP WACHID HASYIM 1 SURABAYA

Erik, Erik and Dr. Iis Holisin, M.Pd. and Shoffan Shoffa, M.Pd. (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA SUB POKOK BANGUN DATAR KELAS VII SMP WACHID HASYIM 1 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Matematika dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit. Hasil observasi siswa cenderung tidak menyukai matematika dikarenakan materi yang disampaikan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari sehingga sulit dipahami. Untuk mengurangi tingkat kesulitan keabstrakan siswa terhadap pelajaran matematika, salah satu pendekatan RME ini untuk mengurangi kesulitan tersebut. Melalui Penerapan RME diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, peningkatan aktivitas siswa, peningkatan respon siswa dan tingkat ketuntasan belajar pada siswa kelas VII-C SMP Wachid Hasyim Pusat Surabaya.
Hasil Respon siswa terhadap pendekatan RME memberi respon sangat positif. Peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa meningkat dengan tingkat sangat kreatif 0%, tingkat kreatif mengalami peningkatan sebanyak 19,45%, yang mengalami penurunan terhadap cukup kreatif sebanyak 11,11% sedangkan yang mengalami tingkat tidak kreatif mengalami penurunan sebanyak 8,34%. Peningkatan tingkat ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan RME dari persentase ketuntasan adalah 13,89%.

Kata kunci : Kreatif dan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 27 Sep 2017 05:37
Last Modified: 28 Sep 2017 02:44
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item
View Item