PERANAN BUDAYA LOKAL DALAM MATERI AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA)

R. Panji, Hermoyo and Suher, Suher (2017) PERANAN BUDAYA LOKAL DALAM MATERI AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA). ELSE (Elementary School Education Journal), 1 (2b). pp. 120-126. ISSN 2597-4122

[thumbnail of Hasil cek plagiasi]
Preview
PDF (Hasil cek plagiasi)
7._Jurnal_ELSE.pdf - Published Version

Download (429kB)
[thumbnail of Hasil cek plagiasi]
Preview
PDF (Hasil cek plagiasi)
7._Hasil_Cek_Plagiasi_Jurnal_ELSE.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Peer Review]
Preview
PDF (Peer Review)
7._Peer_Review_Jurnal_ELSE.pdf

Download (1MB)

Abstract

Materi ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) masih sangat asing ditelinga sebagian masyarakat. Bahkan dikalangan akademik juga masih awam, karena mata kuliah ini masih baru dan belum banyak dikenal luas masyarakat. Buku ajar BIPA juga sangat terbatas, hanya kalangan tertentu saja yang memilikinya. Budaya lokal khususnya di Jawa Timur sangat beragam. Budaya lokal ini yang natinya bisa digunakan dalam materi ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing agar mahasiswa asing benar-benar seperti hidup dinegaranya sendiri. Tujuan penelitian ini adanya peranan budaya lokal yang dapat dijadikan materi BIPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini tentang beberapa peranan budaya lokal Jawa Timur seperti; reog, karapan sapi, ludruk dan okol yang bisa dijadikan referensi pengenalan bahasa dan budaya Indonesia ke mahasiswa asing yang belajar di Indonesia. Sehingga dosen maupun guru yang mengajar mahasiswa asing lebih mudah mendidik dan mengenalkan bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: budaya lokal, BIPA, materi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PANJI HERMOYO HERMOYO
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:29
Last Modified: 02 Mar 2020 10:29
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item
View Item