EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TIME TOKEN PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA

Fauziah, Ina and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. and Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. (2016) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TIME TOKEN PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 5 adalah kemampuan untuk berkomunikasi antar siswa masih rendah, hal ini ditandai dengan masih pasifnya siswa dalam belajar, yakni kebanyakan siswa cenderung diam ketika guru bertanya. Ketika ada pertanyaan dari guru, hanya beberapa siswa aktif saja yang berusaha menjawab pertanyaan, sedangkan kebanyakan siswa tidak memberikan respon ataupun tanggapan terhadap jawaban temannya tersebut. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah Time Token. Dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dengan instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, dan angket. Perangkat yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan tes hasil belajar. Dengan metode kuantitatif. Data yang dikumpulkan adalah aktifitas siswa selama proses pembelajaran telah mencapai waktu ideal, aktifitas guru yang dilakukan rata-rata ketuntasan 3,1 dengan kategori baik, tes hasil mengalami peningkatan dengan ketuntasan ≥ 70% siswa, hasil analisis respon siswa diperoleh persentase ≥ 70% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran.

Kata Kunci : efektifitas, Time Token

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:37
Last Modified: 28 Sep 2017 01:58
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item
View Item