Hidayat, A.Aziz Alimul and Sukadiono, Sukadiono and Uliyah, Musrifatul and Sari, Sisca Mustika and SULADI, SULADI Model Peningkatan Mutu Pendidikan Keperawatan Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Menuju Competitive Advantage. Project Report. fakultas Ilmu Kesehatan.
![laporan penelitian [thumbnail of laporan penelitian]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
2._MODEL_PENINGKATAN_MUTU_PENDIDIKAN_KEPERAWATAN_PADA.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian besar (90,6%) mutu pendidikan
keperawatan di Jawa Timur masih rendah (BAN-PT, 2012). Beberapa hal yang menjadi
penyebab dari permasalahan tersebut adalah proses peningkatan mutu pada pendidikan
keperawatan umumnya dilakukan masih secara partial/acak (random performance
improvement) dan tidak terintegrasi dengan kebutuhan lulusan yang dirumuskan secara
sistematik. Untuk itu solusi yang dapat dilakukan adalah melalui mencari model
peningkatan mutu pendidikan keperawatan yang tepat dalam menuju competitive
advantage. Penelitian ini bertujuan 1) menyusun model peningkatan mutu pendidikan
keperawatan menuju competitive advantage, 2) menguji model peningkatan mutu
pendidikan keperawatan pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah menuju competitive
advantage. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
survey. Sampel penelitian adalah Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia sejumlah
16 Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang dipilih secara simple random sampling. Data
dikumpulkan dengan cara pengisian kuesioner sejumlah 174 pertanyaan dan studi
dokumentasi Hasil penelitian Profil Program Studi Pendidikan Keperawatan pada
perguruan tinggi muhammadiyah di Indonesia menunjukkan rata-rata lama berdiri adalah
10 tahun, dengan status akreditasi B dan tingkat persaingan prodi se kota/kabaupaten adalah
rata-rata lebih dari tiga perguruan tinggi yang menjadi pesaing Perguruan Tinggi.
Berdasarkan analisis model peningkatan mutu pendidikan keperawatan menuju keunggulan
bersaing pada perguruan tinggi Muhammaidyah dipengaruhi secara langsung oleh fokus
proses pembelajaran dan operasional melalu perbaikan manajemen sumber daya manusia,
selain itu sistem informasi juga berpengaruh langsung pada peningkataan mutu, juga
mempengaruhi komponen proses mutu, seperti kepemimpinan, sumber daya manusia,
fokus proses pembelajaran dan operasional. Untuk meningkatkan sumber daya manusia
dipengaruhi secara langsung oleh perencanaan strategis yang baik. Perencanaan strategis
secara langsung dipengaruhi oleh kepemimpinan. Dengan demikian dalam peningkatan
mutu pendidikan keperawatan dapat ditingkatan peran kepemimpinan program studi dan
sistem informasi yang baik, selain peningkatan manajemen sumber daya manusia.
Kesimpulan Model peningkatan mutu pendidikan keperawatan secara langsung
ditentukan oleh proses pembelajaran dan operasioal melalui manajemen sumber daya
manusia. Selain sistem informasi, juga faktor perencanaan strategis, dan kepemimpinan.
Hasil temuan dapat dikembangkan dalam program aplikasi anaalisis mutu.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu, Pendidikan Keperawatan, Competitive Advantage |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Laporan Penelitian |
Depositing User: | DEDE NASRULLAH NASRULLAH |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 06:22 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 06:22 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4310 |