MUSTHOFA, AMIN (2019) PENGUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI AJAR AQIDAH AKHLAK PADA MATA PELAJARAN ISMUBA (Studi Kasus di SD Muhammadiyah 21 Surabaya). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
![Pendahuluan [thumbnail of Pendahuluan]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
PENDAHULUAN.pdf
Download (325kB)
![Bab 1 [thumbnail of Bab 1]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_I.pdf
Download (266kB)
![Bab 2 [thumbnail of Bab 2]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_II.pdf
Download (350kB)
![Bab 3 [thumbnail of Bab 3]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_III.pdf
Download (174kB)
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (393kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Abstract
Kerusakan karakter remaja yang sudah sangat memprihatinkan di era
globalisasi ini. Mulai dari kenakalan seperti mencontek hingga tindak pidana berat
seperti tawuran, membunuh sudah banyak dilakukan oleh remaja saat ini. Oleh
karena itu, pembentukan karakter remaja di bangku sekolah sangatlah mendesak
untuk dilakukan. Cara membentuk karakter tidaklah semudah yang dibayangkan.
Diperlukan sebuah usaha yang berkesinambungan dan menyeluruh dalam
membentuk karakter remaja. Hal inilah yang menjadi latar belakang dalam
penulisan tesis ini. Dalam hal ini, penulis menemukan adanya usaha yang
berkesinambungan dan menyeluruh yang dilakukan guru ISMUBA (Al -Islam,
Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) untuk membentuk karakter yang sesuai
dengan tujuan pendidikan karakter.
Penelitian ini bertujuan; Pertama, mendeskripsikan Pendidikan Karakter
yang ada di SD Muhammadiyah 21 Surabaya. Dan yang kedua, mendiskripsikan
materi ajar aqidah akhlak pada mata pelajaran ismuba. Ketiga, mendiskripsikan
sejauh mana penguatan pendidikan karakter dalam materi ajar aqidah akhlak di
SD Muhammadiyah 21 Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif
deskriptif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis reduksi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai pendidikan
karakter di SD Muhammadiyah 21 Surabaya dilaksanakan melalui (1)
penambahan perangkat pembelajaran Aqidah Akhlak dengan nilai-nilai karakter;
(2) terdapat analisis nilai-nilai karakter yang telah dipilih; (3) ada analisis
KI dan KD dengan tingkat perkembangan peserta didik melalui analisis KI dan
KD; (4) penggunaan metode, strategi, dan model pembelajaran pendidikan
karakter dalam setiap pembelajaran Aqidah Akhlak; (5) pengevaluasian dalam
pembelajaran Aqidah Akhlak mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguatan, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Aqidah Akhlak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hananto Bayu Susetyo |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 12:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 12:16 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4710 |