MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA BUTA (GABUS PITA)

Tobing, Intan Mustika Yulias and Ainy, Chusnal and Suprapti, Endang (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA BUTA (GABUS PITA). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19 (2). pp. 147-158. ISSN e-issn 2614-0578 p-issn 1412-5889

[thumbnail of Peer Review]
Preview
PDF (Peer Review)
b.2.2_Lembar_Reviewer_Artikel_Jurnal_Nasional_Terakreditasi.pdf

Download (980kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal]
Preview
PDF (Artikel Jurnal)
b.2.2_Artikel_Nasional_Terakreditasi.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
b.2.2_Cek_Plagiasi_Artikel_Jurnal_Nasional_Terakreditasi1-dikompresi_compressed_(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kriteria ketuntasan minimum (KKM) SMP Muhammadiyah 5 Surabaya kelas VII adalah 80
dan siswa yang tuntas belajar sebanyak ≥80%. Permasalahan yang terjadi di kelas VII-I SMP
Muhammadiyah 5 Surabaya adalah nilai rata-rata siswa ≤ KKM. Ini terlihat dari 20 siswa, hanya 2
siswa yang tuntas atau 10%, sementara 18 siswa tidak tuntas belajar atau sebesar 90%, skor ratarata adalah 55,55.
Penelitian ini menggunakan pembelajaran menggunakan media BUTA (Cork Ribbon).
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pelaksanaan 2 siklus.
Dari hasil penelitian pada siklus I dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII-I
mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari kelengkapan siswa sebelum tindakan 10% atau
2 siswa meningkat menjadi 55% atau sebanyak 11 siswa yang tuntas. Sedangkan siklus kedua 85%
atau 17 siswa tuntas dengan rata-rata 87,55.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media BUTA, Hasil pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ENDANG SUPRAPTI SUPRAPTI
Date Deposited: 24 Mar 2021 23:51
Last Modified: 09 Sep 2021 15:57
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5103

Actions (login required)

View Item
View Item