MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DI SMA MUHAMMADIYAH 2

Ulfi, Mohammad Syaifudin and Holisin, Iis and Suprapti, Endang (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DI SMA MUHAMMADIYAH 2. Universitas Muhammadiyah Surabaya, pp. 123-130. ISBN 9786237259121

[thumbnail of Artikel Prosiding]
Preview
PDF (Artikel Prosiding)
c.1.b.2_Artikel_Prosiding_Nasional1.pdf

Download (979kB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi Prosiding]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi Prosiding)
c.1.b.2_Cek_plagiasi_Prosiding_Nasional1.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of Lembar Reviewer Prosiding Nasional]
Preview
PDF (Lembar Reviewer Prosiding Nasional)
c.1.b.2_Lembar_Reviewer_Artikel_Prosiding_Nasional_(2)_compressed.pdf

Download (219kB)

Abstract

Permasalahan selama proses pembelajaran di Kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 2
Surabaya adalah peserta didik kurang memperhatikan saat guru menerangkan di depan kelas,
matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak mudah, memusingkan, dan tidak menarik,
dan peserta didik kurang memiliki pengetahuan prayarat serta kurang mengetahui manfaat pelajaran
matematika yang dipelajarinya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, aktivitas, dan respon peserta didik melalui penerapan
model pembelajaran Blended Learning berbasis Schoology. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA
Muhammadiyah 2 Surabaya yang berjumlah 32 peserta didik. Peneliti memilih kelas XI MIPA 5
sebagai subjek karena nilai Penilaian Akhir Semester matematika tergolong rendah. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa hasil belajar peserta didik meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya peserta didik yang
tuntas pada siklus I sebesar 43,75% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas peserta didik
pada siklus I sebesar 58,60% meningkat menjadi 73,07% pada siklus II. Respon peserta didik yang
memberikan respon positif memperoleh presentase rata-rata 74,14%, sedangkan yang memberi
respon negatif memperoleh presentase rata-rata sebesar 25,83%.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Blended learning, Hasil belajar, Schoology.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ENDANG SUPRAPTI SUPRAPTI
Date Deposited: 25 Mar 2021 00:11
Last Modified: 09 Sep 2021 14:10
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5120

Actions (login required)

View Item
View Item