Pratomo, Kusaji and Suryaningtyas, Wahyuni and Suprapti, Endang (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI SMA MUHAMMADIYAH X SURABAYA. Universitas Muhammadiyah Surabaya, pp. 131-148. ISBN 9786237259121
![Peer Review [thumbnail of Peer Review]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
c.1.b.4_Lembar_Reviewer_Prosiding_Nasional.pdf
Download (941kB)
![Artikel Prosiding Nasional [thumbnail of Artikel Prosiding Nasional]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
c.1.b.4_Artikel_Prosiding_Nasional1.pdf
Download (1MB)
![Hasil Cek Plagiasi [thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
c.1.b.4_Cek_plagiasi_Prosiding_Nasional11_compressed_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan motivasi
belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan
Scientific. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah
kelas X-MIA 1 Putra karena berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, nilai ketuntasan siswa
masih rendah dan pada saat peneliti melakukan observasi di kelas X-MIA 1 Putra SMA
Muhammadiyah X Surabaya siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika.
Hasil penelitian menunjukan bahwa data pra-siklus siswa yaitu data nilai pretest diperoleh sebesar
6% siswa tuntas. Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan
Pendekatan Scientific, diperoleh sebesar 64% siswa yang tuntas, hasil belajar siswa meningkat
namun belum mencapai indikator keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian
pada siklus II diperoleh sebesar 91 % siswa tuntas, maka hasil belajar siswa terdapat peningkatan
dan telah memenuhi indikator keberhasilan. Angket respon yang didapat, setelah diterapkannya
model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific diperoleh
sebesar 72,73% dengan kriteria baik.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Problem Based Learning; Scientific. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | ENDANG SUPRAPTI SUPRAPTI |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 00:15 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 14:42 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5122 |