MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI SMA MUHAMMADIYAH X SURABAYA

Pratomo, Kusaji and Suryaningtyas, Wahyuni and Suprapti, Endang (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI SMA MUHAMMADIYAH X SURABAYA. Universitas Muhammadiyah Surabaya, pp. 131-148. ISBN 9786237259121

[thumbnail of Peer Review]
Preview
PDF (Peer Review)
c.1.b.4_Lembar_Reviewer_Prosiding_Nasional.pdf

Download (941kB)
[thumbnail of Artikel Prosiding Nasional]
Preview
PDF (Artikel Prosiding Nasional)
c.1.b.4_Artikel_Prosiding_Nasional1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
c.1.b.4_Cek_plagiasi_Prosiding_Nasional11_compressed_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan motivasi
belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan
Scientific. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah
kelas X-MIA 1 Putra karena berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, nilai ketuntasan siswa
masih rendah dan pada saat peneliti melakukan observasi di kelas X-MIA 1 Putra SMA
Muhammadiyah X Surabaya siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika.
Hasil penelitian menunjukan bahwa data pra-siklus siswa yaitu data nilai pretest diperoleh sebesar
6% siswa tuntas. Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan
Pendekatan Scientific, diperoleh sebesar 64% siswa yang tuntas, hasil belajar siswa meningkat
namun belum mencapai indikator keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian
pada siklus II diperoleh sebesar 91 % siswa tuntas, maka hasil belajar siswa terdapat peningkatan
dan telah memenuhi indikator keberhasilan. Angket respon yang didapat, setelah diterapkannya
model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific diperoleh
sebesar 72,73% dengan kriteria baik.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Scientific.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ENDANG SUPRAPTI SUPRAPTI
Date Deposited: 25 Mar 2021 00:15
Last Modified: 09 Sep 2021 14:42
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5122

Actions (login required)

View Item
View Item