Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran IPA Untuk Sekolah Dasar

Faradita, Meirza Nanda (2019) Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran IPA Untuk Sekolah Dasar. Working Paper. Mavendra Pers, Surabaya.

[thumbnail of Monograf Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran IPA Untuk SD]
Preview
PDF (Monograf Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran IPA Untuk SD)
monograf_Meirza_Nanda_Nopember_2019.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Peer Review Monograf Metode Talking Stick 2019]
Preview
PDF (Peer Review Monograf Metode Talking Stick 2019)
Peer_Review_Monograf_Metode_Talking_Stick_2021.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of Sertifikat HKI] PDF (Sertifikat HKI)
6._Membuat_rancangan_dan_karya_teknologi_yang_dipatenkan_atau_seni_yang_terdaftar_di_HaKI_secara_nasional_atau_internasional.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of Peer Review HKI] PDF (Peer Review HKI)
Per]er_Review_HKI_Meirza.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi Monograf] PDF (Hasil Cek Plagiasi Monograf)
3._Hasil_Plagiasi_Meirza_Monograf_Revisi.pdf

Download (2MB)

Abstract

RINGKASAN

Siswa yang merasa takut dan malu untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik pada mata pelajaran IPA dan siswa juga jarang atau hampir tidak pernah berusaha untuk mengungkapkan pendapat mereka. Hal ini terjadi karena metode pembelajaran yang digunakan biasanya adalah metode ceramah dan terkadang hal tersebut kurang sesuai dengan materi yang diajarkan. Tujuan penulisan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran cooperative learning type talking stick terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV. Rancangan
penulisan ini jenis eksperimen dengan type one group pretest – posttest design. populasi adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 15 orang
siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penulisan ini dilaksanakan di Sekolah dasar Taman Sidoarjo. Sampel pada penulisan ini diambil dengan teknik sampling
jenuh sebanyak 30 responden. data dikumpulkan dengan instrument kuesioner dan dianalisa dengan uji one sampel t test. Hasil uji one sampel T test menunjukkan
bahwa nilai ρ = 0,00 dari hasil pre dan post test berarti nilai ρ < α, dengan α = 0,05 maka hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam
mengerjakan soal IPA sebelum dan setelah dilakukan metode talking stick.
Berdasarkan nilai rata-rata kelompok menunjukkan data nilai rata-rata pada saat pre test sebesar 56,8, dan nilai rata-rata kelompok post test sebesar 71. Model pembelajaran cooperative dikembangkan untuk mencapai hasil belajar berupa
prestasi akademik, toleransi, menerima keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial. Lebih lanjut tujuan pokok pembelajaran kooperatif adalah untuk dapat memaksimalkan belajar siswa agar peningkatan prestasi akademik dan pemahaman tercapai dengan, baik secara individu maupun secara kelompok.

Kata Kunci : Talking Stick, Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: MEIRZA NANDA FARADITA
Date Deposited: 18 Nov 2021 11:37
Last Modified: 13 Jun 2022 09:46
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5639

Actions (login required)

View Item
View Item