Musrifatul Uliyah, S.ST., M.Kes and Aziz Alimul, S.Kep., NS., M.Kes. (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pemeriksaan Klinis (Osce) Berbasis Struktur Objektif. Project Report. umsurabaya. (Unpublished)
MASRIFATUL_-_Pengembangan_Bahan_Ajar_Berbasis_Objective.pdf
Download (1MB)
Abstract
Sebagian besar kompetensi pengetahuan dan keterampilan mahasiswa keperawatan 
(73,2%) di Surabaya belum memenuhi harapan nilai dalam praktik keperawatan. 
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut 
adalah dengan mempersiapkan proses belajar mengajar berbasis praktik, yang 
dimediasi oleh bahan ajar berbasis Objective Structure Clinical Examination 
(OSCE). Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan hasil pengembangan Objective 
Structure Clinical Examination (OSCE)- berdasarkan bahan ajar mata kuliah 
keperawatan dasar. Desain penelitian menggunakan research and development 
yang berbasis paper method dilakukan dalam enam tahap yaitu survei pendahuluan, 
pengembangan prototipe awal, desain produk, validasi produk, revisi desain, dan 
deskripsi hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan sampel 240 mahasiswa dan 
72 dosen di Surabaya, Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan 
adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan 
menggunakan kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian berisi materi ajar 
keperawatan dasar. Materi ajar meliputi: konsep dan teori dasar keperawatan, 
keterampilan dasar keperawatan, contoh kasus dan asuhan keperawatan, dan soal�soal latihan ujian OSCE. Dalam pengembangan bahan ajar, diperlukan penjabaran 
kembali konsep dasar keperawatan dalam bahan ajar, dan penyajian materi secara 
singkat dan singkat. Selain itu, perlu diberikan contoh bahan ajar berbasis OSCE 
yang berbentuk studi kasus dan penyelesaiannya sesuai dengan OSCE dan Uji 
Kompetensi. Saran yang dapat diberikan agar hasil pengembangan materi dasar 
keperawatan berbasis OSCE dapat digunakan dalam pembelajaran dasar 
keperawatan karena pengayaan buku dapat meningkatkan kemampuan kognitif, 
afektif dan psikomotorik.
Kata kunci: Objective Structure Clinical Examination (OSCE), Keperawatan, 
Praktik, Keterampilan, Pengajaran, Materi.
| Item Type: | Monograph (Project Report) | 
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing | 
| Divisions: | Laporan Penelitian | 
| Depositing User: | MUSRIFATUL ULIYAH ULIYAH | 
| Date Deposited: | 12 Jan 2022 09:41 | 
| Last Modified: | 12 Jan 2022 09:41 | 
| URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5907 | 
