Faradita, Meirza Nanda and Suweleh, Wardah (2019) Penerapan HOTS Pada Siswa Kelas IV SD Melalui Model Make A Match. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, pp. 966-978.
prosiding_unipa_2019_update_sister_compressed.pdf
Download (1MB) | Preview
Peer_Review_Prosiding_Semnas_Unipa_2019.pdf
Download (498kB) | Preview
Hasil_Cek_Plagiasi_Artikel_Mierza_Nanda_Wardah_2.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru
dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model make a match serta mendeskripsikan
keterampilan HOTS (berpikir tingkat tinggi) siswa dalam pembelajaran matematika. Subyek
penelitian ini adalah 20 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki, 10 siswa perempuan. Lokasi
penelitian berada di SDN Geluran III Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument lembar observasi
guru, lembar observasi siswa dan lembar tes keterampilan HOTS.
Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan 1 siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat 14,58% dari 66,67% pada siklus I
menjadi 81,25% pada siklus II. Begitu juga dengan aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas
siswa mengalami peningkatan sebesar 18,85% dari 62,25% pada siklus I menjadi 81,1% pada
siklus II. Serta hasil tes keterampilan HOTS menunjukkan bahwa pada siklus I hasilnya 55% yang
mengalami tuntas belajar, dan mengalami peningkatan di siklus I yaitu 85%. Dengan demikian
dapat dikatakan pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar berdasarkan
keterampilan HOTS (Berpikir tingkat tinggi).
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | MEIRZA NANDA FARADITA |
Date Deposited: | 13 May 2022 12:50 |
Last Modified: | 13 May 2022 12:50 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6193 |