Penerapan Karakter Religius, Nasionalis, Dan Integritas Dalam Budaya Sekolah Dasar

Firdah, Annisa and Badruli, Martati and Deni Adi, Putra (2023) Penerapan Karakter Religius, Nasionalis, Dan Integritas Dalam Budaya Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasster, 7 (1). pp. 122-132. ISSN P-ISSN : 2579-5082 E-ISSN : 2598-2818

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel Penerapan Karakter Regilius, Nasionalis, dan Integritas.pdf

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Cek Plagiasi Artikel Penerapan Karakter Regilius, Nasionalis, dan Integritas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di era pasca pandemi covid-19, pelaksaaan pendidikan
karakter mulai membaik, siswa dapat belajar tatap muka di
sekolah sehingga kegiatan diluar kelas juga dapat terlaksana.
Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengetahui penerapan
karakter religius, nasionalis, dan integritas dalam budaya di
sekolah dasar diera pasca pandemi covid-19 apakah sudah
berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan penerapan karakter religius, nasionalis, dan
integritas dalam budaya sekolah dasar di SD Muhammadiyah
26 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yakni
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
ditemukan bahwa SD Muhammadiyah 26 Surabaya sudah
menerapkan semua nilai karakter, nilai karakter yang
diutamakan disekolah ini yaitu nilai karakter religius. Namun,
didalam pelaksanaanya sekolah juga menerapkan nilai
karakter yang lainnya, meliputi nili karakter integritas,
nasionalis, mandiri, dan gotong-royong. Namun peneliti akan
memfokuskan ke 3 aspek yaitu pendidikan karakter religius,
nasionalis, dan integritas. Nilai karakter religius dan
nasionalis dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan:
kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan kegiatan keteladanan.
Sedangkan, nilai karakter integritas dilakukan melalui
kegiatan pembiasaan ksesharian siswa di dalam kelas maupun
diluar kelas Dari 3 aspek yang diteliti, dapat disimpulkan
bahwa penerapan karakter religius, nasionalis, dan integritas
dalam budaya di SD Muhammadiyah 26 Surabaya
sepenuhnya terlaksanakan dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Badruli Martati
Date Deposited: 08 Mar 2023 10:01
Last Modified: 08 Mar 2023 10:01
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6291

Actions (login required)

View Item
View Item