ANALISIS METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TAHFIDZHUL ANAK USIA DINI (TAUD SaQu) PONDOK PESANTREN KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN

Wuri, Ainia and Badruli, Martati and Aristiana P. R., S.Sos.,M.Med.Kom (2021) ANALISIS METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TAHFIDZHUL ANAK USIA DINI (TAUD SaQu) PONDOK PESANTREN KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (1). pp. 21-35. ISSN P-ISSN : 2599-0438 E-ISSN : 2599-042X

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel Analisis Metode Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Tahfidzhul Anak Usia Dini (Taud Saqu) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan.pdf

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Cek Plagiasi Artikel Analisis Metode Menghafal Al-Qur’an.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan paling awal bagi anak, PAUD memiliki peran untuk
membangun nilai-nilai keagamaansebagai pondasi anak usia dini, yaitu kegiatan menghafal Al�qur’an menggunakan metode menghafal yang tepat bagi anak. Maka diperlukan analisis metode
menghafal Al-qur’an pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui perencanaan
pembelajaran menghafal Al-qur’an pada anak usia dini, 2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran
menghafal Al-qur’an pada anak usia dini, 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
menghafal Al-qur’an pada anak usia dini. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis metode menghafal
al-qur’an pada anak usia dini di TAUD SaQu Pondok Pesantren Karagasem Paciran Lamongan
mencakup : 1) Perencanaan pembelajaran menghafal Al-qur’an pada anak usia dini di TAUD SaQu
yaitu, mempersiapkan silabus tahfidz, mempersiapkan metode menghafal Al-qur’an dan
mempersiapkan media menghafal Al-qur’an, 2) Pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-qur’an
pada anak usia dini di TAUD SaQu terdiri dari kegiatan pembuka dengan sholat dhuha, berdzikir
dan berdo’a bersama, kegiatan inti melakukan setoran hafalan Al-qur’an, dan kegiatan penutup
melakukan permainan tebak sambung ayat, muroja’ah bersama dan berdo’a, evaluasi yang
dilakukan dengan cara ujian tahfidz dan panggung tahfidz setiap akhir semester, 3) Faktor
pendukung dalam kegiatan menghafal Al-qur’an pada anak usia dini di TAUD SaQu yaitu adanya
reward, orang tua yang aktif dalam membimbing peserta didik menghafalkan Al-qur’an. Sedangkan
faktor penghambat dalam kegiatan menghafal Al-qur’an yaitu peserta didik mudah merasa jenuh
dan orang tua yang pasif dalam membimbing peserta didik menghafalkan Al-qur’an.
Kata kunci : anak usia dini, analisis metode, menghafal al-qur’an

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Badruli Martati
Date Deposited: 16 Mar 2023 12:48
Last Modified: 16 Mar 2023 12:48
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6377

Actions (login required)

View Item
View Item