PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS 6 MI UHAMMADIYAH 5 SURABAYA

Mardiana, Mardiana and Kunti Dian, Ayu Afiani and Badruli, Martati (2022) PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS 6 MI UHAMMADIYAH 5 SURABAYA. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (2). pp. 123-133. ISSN P-ISSN: 2580-6890 E-ISSN: 2580-9075

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Pada Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas VI MI Muhammadiyah 5 Surabaya.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Cek Plagiasi Artikel Pembelajaran Daring Berbasis Google.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pandemi virus corona-19 telah memberikan dampak yang luar biasa bagi banyak negara
yang ada di dunia dan memengaruhi berbagai aspek kehidupan, salah satunya
pendidikan. Dikarenakan pandemi wabah ini, pendidikan tidak lagi dapat dilakukan di
sekolah melainkan diharuskan melalui daring untuk memutus rantai penyebaran virus
tersebut. Pembelajaran daring yang peneliti lakukan ialah dengan menggunakan
aplikasi google classroom karena dirasa paling mudah digunakan untuk anak-anak
sekolah dasar kelas 6 di MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Penelitian ini bertujuan (1)
Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan aplikasi
google classroom dan whatsapp (2) Menganalisa hasil belajar kelas menggunakan
pembelajaran daring dengan google form. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskripsi kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner respon siswa
terhadap pembelajaran daring dan pengumpulan data penilaian harian untuk mengukur
pemahaman materi bilangan bulat. Adapun hasil penelitian antara lain (1) Respon siswa
dengan indikator pertama terkait minat siswa terhadap pembelajaran daring berbasis
google classroom cukup tinggi dan merasa bahwa pembelajaran berbasis google
classroom sangat mudah digunakan serta dapat diakses kapan saja. Selanjutnya
indikator kedua terkait fasilitas yang memadai dalam mendukung pembelajaran daring
berbasis google classroom ini sudah cukup baik, meskipun masih ada beberapa siswa
yang terkendala jaringan yang tidak stabil. Indikator ketiga terkait peran serta orang tua
dalam pembelajaran daring berbasis google classroom ini masih perlu ditingkatkan
karena masih sekitar 50 % lebih saja yang sudah mendampingi putra putri dalam
pembelajaran daring (2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring berbasis google
classroom untuk materi bilangan bulat sudah baik dengan rata-rata nilai per kelas
adalah 76, artinya melalui pembelajaran daring siswa kelas 6 sudah memahami materi
bilangan bulat.
Kata kunci : Pembelajaran Daring, Google Classroom, Respon Siswa, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Badruli Martati
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:22
Last Modified: 17 Mar 2023 07:22
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6392

Actions (login required)

View Item
View Item