Badruli, Martati (0022) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Conference of Elementary Studies “Membangun Karakter dan Budaya Literasi Dalam Pembelajarn Tatap Muka Terbatas di SD”. pp. 13-22. ISSN ISSN : 2962-7656
Prosiding Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.pdf
Download (507kB) | Preview
Hasil Cek Plagiasi Prosiding Penerapan Project Based Learning.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Kurikulum Merdeka memberikan guru keleluasaan untuk memilih
berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan
kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang
direkomendasikan adalah Project Based Learning (PjBL) merupakan kegiatan
pembelajaran berupa pembuatan produk barang atau layanan jasa yang
digunakan sebagai wahana penguasaan kompetensi. Tujuan penelitian bagaimana
deskripsi pengetahuan guru SD/MI Muhammadiyah di Surabaya tentang Project
Based Learning? Pendekatan Fenomenologis, pengolahan data dilaksanakan
dengan strategi analisis data deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
masih banyak guru yang belum memahami secara tepat. Sehingga diperlukan
workshop agar pemahaman dan kemauan untuk menerapkan Project Based
Learning (PjBL), yang berbeda dengan Model pembelajaran Problem Based
Learning yang telah diterapkan oleh guru SD/MI Muhammadiyah.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Sekolah Dasar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Badruli Martati |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 09:53 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 09:53 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6409 |