Badruli, Martati and Maruf, Akbar and M. Syarif, Sumantri (2020) RELEVANSI METODE PEMBELAJARAN DENGAN KONSEP DIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial. pp. 87-96.
![Artikel [thumbnail of Artikel]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Prosiding Relevansi Metode Pembelajaran dengan Konsep Diri Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.pdf
Download (464kB)
![Hasil Cek Plagiasi [thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Hasil Cek Plagiasi Prosiding Relevansi Metode Pembelajaran.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh interaksi Metode
pembelajaran dan Konsep Diri terhadap Sikap Tanggung Jawab siswa. Untuk
membantu perkembangan jiwa, manusia perlu didukung dengan pendidikan
yang esensinya berupa arahan dan tuntunan kepada siswa sesuai pertumbuhan
dan perkembangan masyarakat sekitar. Adanya bullying atau kekerasan adalah
problema dari sikap tanggung jawab siswa yang kurang dalam melaksanakan
hak dan kewajiban. Penelitian eksperimen menggunakan desain faktorial 2x2.
Hasil penelitian menunjukkan pengaruh interaksi sebesar 70,8% yang dapat
diartikan bahwa siswa yang memiliki Konsep Diri tinggi (B1=79,45) relevan jika
siswa dalam proses belajar mengajar dengan Metode pembelajaran Teknik
Klarifikasi Nilai (A1=93,55) yang akan berdampak pada Sikap Tanggung Jawab
yang baik atau positif. Misalnya, konsep diri-psikologis individu: “Saya senang
bisa membantu teman lain” dan internalisasi nilai dari hasil dalam proses belajar
mengajar dengan TKN memberikan pengaruh pada afektif verbal-sikap
tanggung jawab siswa dengan “Mengajak teman untuk kerja kelompok dengan
gembira”. Proses pembelajaran dapat dipergunakan oleh guru untuk
mengendalikan interaksi sosial di sekolah. Peran guru sebagai fasilitator untuk
menumbuh- kembangkan sikap tanggung jawab siswa yang dituangkan melalui
“Rencana pelaksanaan pembelajaran”. Dengan demikian sosialiasi kepada guru
PPKn sangat diperlukan, dalam upaya implementasi “Penguatan Pendidikan
Karakter” di sekolah.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Konsep Diri, Teknik Klarifikasi Nilai,
Ekspositori, Bullying
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Badruli Martati |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 09:54 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 09:54 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6410 |