Nina, Veronica and Sofi, Yunianti (2022) PENGARUH METODE EKSPLORASI LINGKUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN SAINS PADA ANAK TK B (5-6 TAHUN) DI TK BUNGA BANGSA PACET. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (1). pp. 53-60. ISSN P-ISSN : 2599-0438 E-ISSN : 2599-042X
jurnal pedagogi (1).pdf
Download (189kB) | Preview
Hasil Cek Plagiasi Jurnal Pedagogi.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode
eksplorasi lingkungan terhadap perkembangan sains anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode
kuasi eksperimen. Pada penelitian ini mengambil populasi dari anak kelas
B di TK Bunga Bangsa yang berjumlah 42 anak dan dibagi menjadi kelas
B1, B2, dan B3. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling
purposive. Kelas B1 (Eksperimen) dan kelas B3 (kelas control). Masing
– masing kelas berjumlah 14 anak sebagai sampel penelitian. Hasil dari
nilai R (korelasi) sebesar 0,755, hal tersebut ada di kategori kuat/tinggi.
Sedangkan koefisien determinasi R2 sebesar 0,570 yang berarti 57,0%
artinya variabel dependen peningkatan pengetahuan sains dapat
dijelaskan oleh variabel independen yaitu eksplorasi lingkungan.
Sedangkan sisanya 43,0% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dijelaskan
dalam model tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
kuat antara pendekatan eksplorasi lingkungan terhadap peningkatan
pengetahuan sains anak usia dini di TK Bunga Bangsa Pacet.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Nina Veronica Nina |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 10:22 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 10:22 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6420 |