ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 14 SURABAYA

Putri Maulida, Hasanah and Badruli, Martati and Aristiana P. R., Aristiana P. R. (2021) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 14 SURABAYA. Jurnal Pedagogi, 7 (1). pp. 116-129. ISSN E-ISSN: 2599-042X P-ISSN: 2599-0438

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel Jurnal Analisis Faktor Berkesulitan Berhitung Permulaan.pdf

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Cek Plagiasi Artikel Aristiana Prihatining Rahayu Analisis Faktor Berkesulitan Berhitung.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun merupakan konsep matematika
yang perlu diberikan dan dikenalkan pada anak secara bertahap sesuai dengan tingkat penguasaan
anak yaitu berupa bilangan, pola sebab akibat, geometri, dan pemecahan masalah. Sedangkan
tingkat penguasaan pada anak usia 4-5 tahun terhadap kemampuan berhitung permulaan yang
dibahas yaitu mengenal konsep bilangan 1-20, penjumlahan dan pengurangan secara sederhana.
Faktor dari diri anak dan faktor dari lingkungan sekitar menjadi penyebab kesulitan kemampuan
berhitung permulaan pada anak, maka diperlukan analisis faktor penyebab kesulitan berhitung
permulaan pada anak usia 4-5 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor
penyebab kesulitan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun. Metode dalam penelitian ini
adalah kualitatif deskriptif menggunakan observasi dan wawancara yang dilakukan melalui
kuisoner google form dan media whatsapp. Hasil penelitian analisis faktor penyebab kesulitan
berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya yaitu
faktor internal atau dari diri anak ketika belajar sering tidak memperhatikan. Faktor eksternal atau
dari lingkungan sekitar juga menjadi penyebab kesulitan berhitung permulaan, yaitu keluarga,
teman dan guru, namun yang paling utama adalah dari keluarga. Dukungan dan motivasi dari
kelurga sangat diperlukan bagi anak untuk membantu perkembangan anak dalam belajar
kemampuan berhitung permulaan.
Kata kunci: analisis, kesulitan belajar, berhitung permulaan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ARISTIANA PRIHATINING RAHAYU
Date Deposited: 20 Mar 2023 10:27
Last Modified: 20 Mar 2023 10:27
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6424

Actions (login required)

View Item
View Item