ANALISIS STIMULASI KEMAMPUAN LITERASI SISWA PAUD MELALUI MENDONGENG

Aristiana P. R., Aristiana P. R. and Mega Putri, Pangestika (2022) ANALISIS STIMULASI KEMAMPUAN LITERASI SISWA PAUD MELALUI MENDONGENG. Jurnal Pedagogi, 22 (1). pp. 92-99. ISSN E-ISSN: 2599-042X P-ISSN: 2599-0438

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel Jurnal Analisis Stimulasi Kemampuan Literasi Siswa PAUD 2022.pdf

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Cek Plagiasi Artikel Aristiana Prihatining Rahayu Analisis Stimulasi Kemampuan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kondisi literasi di Indonesia yang berada pada peringkat bawah, bisa menjadi gambaran
kualitas pendidikan di Indonesia yang masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain
di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura. Berdasarkan survei tahun 2018 Programme for
International Student Assessment (PISA) berada di peringkat 72 dari 77 negara terkait nilai
kompetensi membaca. Hal ini membutuhkan berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan
literasi di berbagai jenjang pendidikan termasuk di PAUD. Penelitian “Analisis Stimulasi
Kemampuan Literasi Siswa PAUD Melalui Mendongeng” dilakukan di TK ABA Tegalrejo Widang,
kabupaten Tuban bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi siswa di TK ABA
Tegalrejo Widang, Tuban setelah mendapatkan stimulasi storytelling melalui kegiatan
mendongeng yang dilakukan pendidik di sekolah. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif
dengan pengambilan sampel siswa secara purposive. Data/informasi dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan informasi lebih detail juga
dilakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan guru di sekolah. Hasil dari penelitian tersebut
menemukan bahwa stimulasi dengan membacakan dongeng melalui buku (read aloud) di kelas
mampu memotivasi siswa untuk senang belajar membaca. Para siswa termotivasi belajar
membaca dengan keinginan bisa membaca sendiri buku-buku cerita. Kegiatan mendongeng,
selain memotivasi siswa untuk semangat membaca juga melatih kemampuan komunikasi serta
membangun rasa percaya diri siswa.
Katakunci : mendongeng, membaca, stimulasi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ARISTIANA PRIHATINING RAHAYU
Date Deposited: 20 Mar 2023 10:28
Last Modified: 20 Mar 2023 10:28
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6425

Actions (login required)

View Item
View Item