KUALITAS BAHAN AJAR KETERBACAAN BERORIENTASI DIRECT INSTRUCTION

Idhoofiyatul, Fatin and Sofi, Yunianti (2019) KUALITAS BAHAN AJAR KETERBACAAN BERORIENTASI DIRECT INSTRUCTION. Belajar Bahasa, 4 (1). pp. 57-67. ISSN E-ISSN: 2503-0329 P-ISSN: 2502-5864

[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel)
Artikel Kualitas Bahan Ajar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi] PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Cek Plagias Artikel Kualitas Bahan Ajar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahan ajar keterbacaan berorientasi direct instruction adalah bahan ajar yang
dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Fenrich. Orientasi direct
instruction dalam bahan ajar didominasi dengan penggunaan tahapan DI yang
dikembangkan oleh Eggen dan Kauchak. Tahapan tersebut terdiri atas introduksi,
presentasi, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Selanjutnya, Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar yang terdiri atas kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan. Untuk mengetahui kualitasnya, bahan ajar diuji cobakan pada mahasiswa
PBSI FKIP UMSurabaya dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif.
Sejalan dengan metode, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan
tes. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar memiliki rata�rata persentase sebesar 80%. Presentase tersebut diintepretasikan menjadi valid atau
layak. Untuk kepraktisan, bahan ajar dinilai 83% atau sangat baik oleh mahasiswa.
Selanjutnya, ketuntasan hasil belajar siswa juga mnunjukkan tuntas atau semua
mahasiswa dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, keterbacaan, kualitas

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: IDHOOFIYATUL FATIN FATIN
Date Deposited: 21 Mar 2023 11:07
Last Modified: 21 Mar 2023 11:07
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item
View Item