Idhoofiyatul, Fatin and Sofi, Yunianti (2019) KUALITAS BAHAN AJAR KETERBACAAN BERORIENTASI DIRECT INSTRUCTION. Belajar Bahasa, 4 (1). pp. 57-67. ISSN E-ISSN: 2503-0329 P-ISSN: 2502-5864
Artikel Kualitas Bahan Ajar.pdf
Download (1MB) | Preview
Hasil Cek Plagias Artikel Kualitas Bahan Ajar.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Bahan ajar keterbacaan berorientasi direct instruction adalah bahan ajar yang 
dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Fenrich. Orientasi direct 
instruction dalam bahan ajar didominasi dengan penggunaan tahapan DI yang 
dikembangkan oleh Eggen dan Kauchak. Tahapan tersebut terdiri atas introduksi, 
presentasi, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Selanjutnya, Penelitian ini bertujuan 
untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar yang terdiri atas kevalidan, kepraktisan, dan 
keefektifan. Untuk mengetahui kualitasnya, bahan ajar diuji cobakan pada mahasiswa 
PBSI FKIP UMSurabaya dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. 
Sejalan dengan metode, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan 
tes. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar memiliki rata�rata persentase sebesar 80%. Presentase tersebut diintepretasikan menjadi valid atau 
layak. Untuk kepraktisan, bahan ajar dinilai 83% atau sangat baik oleh mahasiswa. 
Selanjutnya, ketuntasan hasil belajar siswa juga mnunjukkan tuntas atau semua 
mahasiswa dapat menyelesaikan tugas dengan baik. 
Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, keterbacaan, kualitas
| Item Type: | Article | 
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures | 
| Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | 
| Depositing User: | IDHOOFIYATUL FATIN FATIN | 
| Date Deposited: | 21 Mar 2023 11:07 | 
| Last Modified: | 21 Mar 2023 11:07 | 
| URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6472 | 
