Insani Wahyu, Mubarok and Pheni Cahya, Kartika (2019) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID NEMO BAHASA INDONESIA UNTUK MAHASISWA BIPA TINGKAT PEMULA PROGRAM DARMASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA. Metalingua, 4 (1). pp. 19-24. ISSN p-issn:2528-4371 e-issn :2528-6684
![Hasil Cek Plagiasi [thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Hasil Cek Plagiasi Artikel Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar.pdf
Download (2MB)
![Artikel [thumbnail of Artikel]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Artikel Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar.pdf
Download (834kB)
Abstract
Media pembelajaran berbasis aplikasai android sebagai salah satu cara efektif, dikarenakan peserta
didik memiliki peningkatan dan motivasi lebih dalam kegiatan belajar dan pembelajaran. Media
pembelajaran memanfaatkan android yang menekankan pada beberapa aplikasi yang mudah
dimiliki oleh semua peserta didik dan pengajar atau instruktur, sehingga dengan mudah dan tidak
banyak mengeluarkan biaya. Gagne dan Briggs dalam Buku (Azhar, 2002) memberikan batasan
mengenai lingkup median meliputi alat alat bersifat fisik dengan tujuan menyampaikan materi
pelajaran seperti buku, tape recorder/ perekam, video recorder, film, slide (gambar bingkai), foto,
gambar, grafik, televisi, dan computer. Nemo Bahasa Indonesia adalah aplikasi android yang
dirancang sebagai media belajar dan pembelajaran bahasa indonesia dengan penguasaan sejumlah
kata yang berguna. Dalam aplikasi android, Nemo seperti kamus saku sederhana sehingga
membantu dalam meningkatkan materi untuk belajar dan pembelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini mendapatkan temuan bahwa ada pengaruh Efektifitas Penggunaan bahan ajar
berbasis android Nemo Bahasa Indonesia untuk mahasiswa BIPA tingkat pemula program
Darmasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya pada mata kuliah Ketrampialn menyimak.
Dalam kegiatan belajar mengajar membuat hasil belajar lebih baik daripada kegiatan belajar
mengajar tanpa menggunakan android. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa efektifitas media
pembelajaran terhadap hasil belajar ternyata lebih efektif daripada kegiatan belajar mengajar yang
tidak menggunakan media pembelajaran pada mata kuliah ketrampilan menyimak, Nilai rata-rata
yang lebih baik ini berarti keberhasilan di dalam kegiatan belajar mengajar
Kata kunci: Efektivitas Media, Nemo, BIPA, Ketrampilan menyimak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | PHENI CAHYA KARTIKA |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 08:38 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 08:38 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6554 |