Badruli, Martati (2014) PENERAPAN HAK ASASI MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIAGA BENCANA. Temu Ilmiah Nasional Guru VI (TING VI) Tahun 2014 Tema “Kurikulum 2013 Untuk Membangaun Generasi Emas”. ISSN ISBN : 978-979-011-923-9
Prodising Penerapan Hak Asasi Manusia Melalui Model Pembelajaran Siaga Bencana.pdf
Download (771kB) | Preview
Hasil Cek Plagiasi Prodising Penerapan Hak Asasi Manusia.pdf
Download (3MB) | Preview
Prosiding Penerapan Hak Asasi Manusia.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Berbagai bencana telah menimpa Indonesia seperti di Aceh,
Padang, Nias, Jogyakarta, Jateng Selatan, Sulawesi Utara, Halmahera dan
lain- lain. Bencana dapat menimpa setiap manusia, meski tidak seorangpun
menghendaki datangnya bencana. Sesunguhnya bencana adalah pengaruh
alam atau ancaman yang dibuat manusia yang berdampak negatif terhadap
masyarakat dan lingkungan.
Informasi atau pengetahuan tentang adanya bencana menjadi hak bagi
setiap warga negara untuk mendapatkan dari negara, dimana merupakan
hak untuk hidup aman dari ancaman bencana. Perlindungan terhadap hak
hidup manusia merupakan bagian dari hak asasi manusia yang wajib
diberikan negara.
Sebagai penerapan hak asasi manusia kepada warga negara dapat diberikan
melalui pembelajaran. Sebuah model pembelajaran yang dirancang untuk
mencapai tujuan agar peserta didik memiliki karakter siaga bencana.
Karakter siaga bencana merupakan kemampuan yang perlu dimiliki peserta
didik pada saat prabencana, ketika terjadi bencana dan pascabencana.
Kata kunci: bencana, hak asasi manusia, pengetahuan, model pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Badruli Martati |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 09:27 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 09:27 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6558 |