Gusmaniarti, Gusmaniarti and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA AGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK DI RA. DARUL ULUM PANDEAN KEC. REMBANG. Prosiding Conference of Elementary Studies (CES), Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial. ISSN ISBN : 978-623-7259-21-3
![Artikel [thumbnail of Artikel]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Prosiding Pengaruh Pembelajaran Sentra Agama.pdf
Download (336kB)
![Hasil Cek Plagiasi [thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Hasil Cek Plagiasi Prosiding Pengaruh Pembelajaran Sentra Agama.pdf
Download (1MB)
![Peer Review [thumbnail of Peer Review]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Peer Review Pengaruh Pembelajaran Sentra Agama.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini mengangkat pengaruh sentra Agama terhadap
perkembangan nilai moral dan agama anak usia 4-5 tahun di kelompok A,
dimana masih banyak anak anak usia dini yang belum bisa memahami konsep
agama yang di aplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran sentra agama
terhadap perkembangan nilai moral dan agama anak usia dini pada RA. Darul
Ulum Pandean. Sehingga para pendidik khususnya Peneliti sendiri dapat
mengetahui perkembangan nilai moral dan agama pada anak usia dini dikarena
berkembangnya jaman dan berubahnya kemampuan berfikir anak. Penelitian ini
menggunakan penelitian ekperimen kuantitatif yaitu regresi linier sederhana.
Dimana Peneliti dapat mengetahui pengaruh sentra agama terhadap
perkembangan nilai moral dan Agama anak pada RA.Darul Ulum Padean
Rembang. Sebagai sampel siswa Kelompok A dengan Jumlah siswa 30 anak.
Pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan dokumentasi yang
dilengkapi dengan instrument yang berupa daftar checklist antara indikator
dengan pencapaian perkembangan Nilai Moral dan agama anak usia dini. Hasil
penelitian menunjukan adanya perubahan yang signifikan mencapai 0,975
dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 3,214, sedangkan pada ttabel
adalah 2,010 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa Ha diterima. Selain
itu juga diperoleh persamaan regresi Y=29,409+0,748X yang artinya seluruh
pernyataan cukup reliable terhadap anak didik tentang perkembangan moral
agama anak pada kegiatan disentra Agama melalui uji Validitas. hal itu
menunjukan bahwa sentra Agama memiliki pengruh terhadap perkembangan
nilai Agama dan Moral anak.
Kata Kunci: Pembelajaran Sentra Agama, Perkembangan Nilai Agama dan
Moral
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | GUSMANIARTI GUSMANIARTI GUSMANIARTI |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 02:48 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 02:49 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6632 |