Suweleh, Wardah and Rachmawati, Dian Karina (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelompok TK A Dengan Media Gambar Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya Tahun Ajaran 2021/2022. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (1). pp. 37-52. ISSN P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN: 2599-042X
Peer Review Jurnal Pedagogi W.pdf - Other
Download (465kB) | Preview
Hasil Cek Plagiasi Artikel Peningkaran Kemampuan Membaca Siswa Kelompok TK A Dengan Media Gambar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya Thn Ajaran 2021-2022(1).pdf - Other
Download (3MB) | Preview
Jurnal Wardah Pedagogi.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa kemampuan membaca
siswa kelompok A yang diajarkan dengan menggunakan media gambar
lebih baik dari pada siswa yang diajarkan tidak menggunakan media
gambar. Pada pembelajaran membaca, mengembangkan kemampuan
membaca siswa banyak cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengajak
siswa bermain dengan kartu gambar.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok TK A TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 58 Surabaya tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah seluruh siswa
15 anak. Subjek penelitian sejumlah 15 anak siswa diambil dari
Kelompok TK A. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan
mulai dari siklus I sampai siklus II, yang masing-masing siklus terdiri dari
perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Data dikumpulkan dengan menggunakan tes membaca menggunakan
media gambar, dan di analisis dengan statistik pendidikan melalui rumus
persentase yang menggunakan frekuensi relatif. Hasil penelitian disajikan
dalam bentuk tabel dan histogram.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang terdiri dari tiga siklus, masingmasing
siklus menggunakan media gambar mengungkapkan bahwa
ketuntasan belajar membaca diantaranya, memusatkan perhatian
sebanyak 86% dari 15 siswa, mengenal gambar dan huruf sebanyak 80%
dari 15 siswa, dapat membaca gambar sebanyak 80% dari 15 siswa. Media
gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca, hal ini dapat dilihat
dari jumlah siswa yang tuntas belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | WARDAH SUWELEH SUWELEH |
Date Deposited: | 29 May 2023 07:23 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:23 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7068 |