PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP PENGEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK MUSLIMAT NU 2 BAGANDAN JUNGCANGCANG PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PUTRI ISLAMIYAH, IFIK (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP PENGEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK MUSLIMAT NU 2 BAGANDAN JUNGCANGCANG PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
PEDOMAN PENSKORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

Cerita anak merupakan salah satu bentuk karya sastra yang paling dominan
diberikan pada AUD. Melalui cerita berbagai aspek perkembangan anak dapat
dikembangkan dalam proses pembelajaran. Cerita untuk anak adalah cerita yang
menempatkan mata anak – anak sebagai pengamat utama dan masa anak – anak
sebagai fokusnya. Jadi, dapat ditegaskan bahwa cerita anak adalah cerita yang
mencerminkan perasaan dan pengalaman anak – anak masa kini yang dapat dilihat
dan dipakai melalui mata anak – anak. Banyak cara yang dapat digunakan untuk
menyajikan cerita kepada anak-anak Paud, antara lain dengan menggunakan kartu
cerita, gambar seri, dan buku cerita bergambar. Pengembangan kemampuan
berbahasa bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang
sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan
minat untuk dapat berbahasa Indonesia. Sesuai dengan standar kompetensi bidang
pengembangan kemampuan dasar, bahwa kompetensi dasar berbahasa adalah anak
mampu mendengarkan, berkmunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata
dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya untuk persiapan membaca
dan menulis. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah
dari penelitian ini, yaitu: “Adakah Pengaruh Penggunaan Metode Cerita Bergambar
terhadap Pengembangan Bahasa Anak TK Muslimat NU 2 Bagandan Jungcangcang
Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu:
“Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode cerita bergambar terhadap
pengembangan bahasa anak TK Muslimat NU 2 Bagandan Jungcangcang
Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019”. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan
teknik analisis korelasi produck moment. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil
rhitung = 0,650 > rtabel = 0,482 pada taraf signifikansi 5% dan N = 17. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Metode Cerita
Bergambar terhadap Pengembangan Bahasa Anak TK Muslimat NU 2 Bagandan
Jungcangcang Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan tabel
interpretasi nilai r antara 0,600 sampai dengan 0,800 diperoleh bahwa tingkat
pengaruhnya dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Aris Setiawan, S,Sn., M.Pd ; 2. Wardah Suweleh, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita Bergambar dan Pengembangan Bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1348 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:20
Last Modified: 27 Jul 2023 03:20
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7563

Actions (login required)

View Item
View Item