SUBAIDAH, IRMA (2019) PENGARUH PERMAINAN BERHITUNG TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK RAUDLATUL ULUM PADEMAWU PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (2MB) | Preview
BAB I.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB II.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB III.pdf
Download (1MB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (566kB)
Abstract
Metode permaianan berhitung dapat digunakan untuk mengembangkan
kemanpuan kognitif anak, sehingga secara mental anak siap mengikuti pelajaran
matematika lebih lanjut di sekolah dasar. Permainan berhitung juga diperlukan untuk
membentuk sikap logis, kritis cermat, kreatif dan disiplin pada anak usia dini anak.
Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan ini adalah adakah
pengaruh permainan berhitung terhadap pengembangan kognitif anak kelompok B di
Pendidikan Anak Usia Dini Raudlatul Ulum Pademawu Pamekasan Tahun Ajaran
2018-2019. Penelitian dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan
berhitung terhadap kemanpuan kognitif anak kelompok B di Pendidikan Anak Usia
Dini Raudlatul Ulum Pademawu Pamekasan Tahun Ajaran 2018-2019. Penilitian ini
berjenis quasi experiment maka penelitian dilakukan di dua kelas, kelas kontrol dan
kelas eksperimen, masing-masing mengambil 20 orang anak. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan April 2018 pada siswa kelompok B semester II Pendidikan
Anak Usia Dini Raudlatul Ulum Pademawu Pamekasan Tahun Ajaran 2018-2019.
Instrument yang digunakan adalah tes pretasi. Untuk mengukur kendali dan instrument
pada penelitian ini digunakan content validity dengan cara instrument disesuaikan
dengan indikator kemanpuan kognitif Pendidikan Anak Usia Dini kelompok. B
Sedangkan teknik yang digunakan untuk menguji reliability instrument adalah teknik
single test double trial. Try out-nya dilaksanakan pada bulan Maret 2018 pada siswa
kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Raudlatul Ulum Pademawu Pamekasan
Tahun Ajaran 2018-2019. Kemudian insttrument diujikan pada kedua kelompok dan
hasil dari analisis data diperoleh t = 4,063> t tabel 1,72. Dengan demikian,
berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode permainan berhitung
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan kognitif anak
kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Raudlatul Ulum Pademawu Pamekasan
2018-2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahyono, M.Si ; 2. Tri Kurniawati, S.Gz., M.Kes |
Uncontrolled Keywords: | Metode Permaianan Berhitung Kognitif Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:26 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:26 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7566 |