PENGGUNAAN MEDIA KERETA ANGKA DALAM MENGENALKAN BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A TK HANDAYANI PUTRA TAMBAKSARI SURABAYA

Wahyuni, Wahyuni (2019) PENGGUNAAN MEDIA KERETA ANGKA DALAM MENGENALKAN BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A TK HANDAYANI PUTRA TAMBAKSARI SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of pendahuluan]
Preview
PDF (pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
PDF (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
PDF (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
PDF (BAB 3)
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika pada anak usia dini secara terpadu
dilakukan melalui tema-tema pembelajaran yang paling dekat dengan konteks
kehidupan anak lingkungan sekitar dan pengalaman riil. Pengenalan konsep
bilangan 1-10 pada kelompok A di TK Handayani Putra Kecamatan Tambaksari
Kota Surabaya masih mengalami kesulitan dan kurang minatnya belajar anak dalam
mengenal bilangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan anak usia
dini dalam mengenal angka 1-10 melalui penerapan media kereta angka untuk dapat
menstimulasi kemampuan kognitif anak. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode kualitatif deskriptif karena peneliti ingin mempelajari fenomena-
fenomena untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya dan hasilnya lebih
menekankan maknayang kemudian dikembangkan dalam analisa. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi, dalam
pengamatan terhadap kemampuan berhitung anak, serta wawancara berupa usaha
pengumpulan informasi dengan menggunakan sejumlah pertanyaan lisan. Subjek
pada penelitian ini pada anak sejumlah 17 siswa yang ada pada kelompok A yang
berusia 4-5 tahun. Data diambil secara total sampling. Hasil pada penelitian ini
bahwa penggunaan media kereta mpuan mengenal bilangan 1-10 pada anak usia 4-
5 menunjukkan tahun kegiatan diama angka menunjukkan ada lima anak yang
mendapatkan hasil berkembang sangat baik (BSB) dalam membilang, menyebut,
mengenal konsep bilangan serta menirukan bilangan 1-10. Ada 10 anak
mendapatkan hasil berkembang sesuai harapan (BSH) dalam menyebutkan serta
menirukan lambang bilangan 1-10.Namun masih ada satu anak yang mendapatkan
nilai mulai berkembang (MB) serta satu anak yang mendapatkan nilai belum
berkembang (BB) dalam menirukan bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd Aristiana Prihatining Rahayu, S.Sos.,M.Med. Kom
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, media kereta angka, pengenalan bilangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:40
Last Modified: 27 Jul 2023 03:40
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7571

Actions (login required)

View Item
View Item