MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE MENDONGENG PADA SISWA TK PKK MAPPER KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN

MARDIYANTI RIADI, KIKI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE MENDONGENG PADA SISWA TK PKK MAPPER KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengentahuan yang luar biasa diera
moderisasi dan globalisasi termasuk didalamnya dibidang pendidikan, dimana
kegiatan belajar mengajar yang bermula teacher centered menjadi student
centered, perkembangan teori-teori pendidikan yang semakin maju dan mutakhir
tersebut memerlukan penyesuaian dalam beberapa hal, konten kurikulum,
kegiatan belajar mengajar dikelas dan keunikan anak-anak yang beragam dalam
beberapa potensi yang dimilikinya, berdasarkan moto pembelajaran diTaman
Kanak-kanak belajar sambil bermain. Anak-anak membutuhkan perangkat yang
diperlukan untuk mengarungi kehidupan yang semakin kompleks. Rumusan
masalah penelitian yaitu apakah dengan metode mendongeng dapat meningkatkan
berbicara. TK. PKK Mapper Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun
2018/2019.. Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilakukan di TK. PKK Mapper Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun
2018/2019.. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah trigulasi data. Dengan
adanya penelitian ini diharapkan kemampuan berbicara pada anak pada observasi
awal yang hanya 10 anak atau 20% yang mampu berbicara dengan baik, maka
hasil siklus I meningkat menjadi 22 anak atau 45% yang berbicara dengan baik.
Karena siklus I tidak memenuhi kriteria kesuksesan, maka observasi dilanjutkan
siklus II, sehingga pengunaan metode mendongen dengan alat peraga, kesuksesan
observasi siklus II hasilnya 40 anak atau 80% yang mampu bebicara dengan baik.
Hal ini terbukti dengan kegiatan mendongeng dapatkan meningkatkan
kemampuan berbicara anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahono, M.Si. ; 2. Tri Kurniawati, S.Gz, M.Kes
Uncontrolled Keywords: metode mendongeng, kemampuan berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1348 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:03
Last Modified: 27 Jul 2023 04:03
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7582

Actions (login required)

View Item
View Item