Khasana, Siti Nur (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA KELOMPOK B2 TK DHARMA WANITA “EKA SAPTA” RANDUBANGO MOJOSARI MOJOKERTO. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of PENDAHULUAN]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf

Download (586kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
PDF (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
PDF (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
PDF (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)

Abstract

Kemampuan mengenal huruf merupakan salah satu kemampuan yang
harus dikuasai anak usia dini. Kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini
merupakan hal yang sangat substansial untuk diperkenalkan kepada anak. Untuk
dapat mengenal huruf maka anak perlu mengenal huruf terlebih dahulu. Tujuan
dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan kemampuan mengenal
huruf anak yang diajar sebelum menggunakan pembelajaran dengan media kartu
huruf dan setelah menggunakan pembelajaran dengan media kartu huruf pada
kelompok B2 TK Dharma Wanita “EKA SAPTA” Randubango Mojosari
Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi pembelajaran dengan media kartu huruf
terhadap kemampuan mengenal huruf pada kelompok B2 TK Dharma Wanita
“EKA SAPTA” Randubango Mojosari Mojokerto. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain
eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek
penelitian pada kelompok B2 TK Dharma Wanita “EKA SAPTA” Randubango
Mojosari Mojokerto sebanyak 12 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7
anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes
menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis
Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan
pada pengamatan dua kriteria.
Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan
mengenal huruf anak yang diajar sebelum menggunakan pembelajaran dengan
media kartu huruf dan setelah menggunakan pembelajaran dengan media kartu
huruf pada kelompok B2 TK Dharma Wanita “EKA SAPTA” Randubango
Mojosari Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi pembelajaran dengan media kartu
huruf terhadap kemampuan mengenal huruf pada kelompok B2 TK Dharma
Wanita “EKA SAPTA” Randubango Mojosari Mojokerto

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: media kartu huruf, kemampuan mengenal huruf
Uncontrolled Keywords: media kartu huruf, kemampuan mengenal huruf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:49
Last Modified: 27 Jul 2023 04:49
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7593

Actions (login required)

View Item
View Item